Soal Rempang, Cak Imin Senggol Pemerintah

Harus kedepankan dialog, katanya

Surabaya, IDN Times - Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres), Muhaimin Iskandar turut mengomentari konflik yang terjadi di Rempang. Menurut dia, ada pelajaran yang harus diambil dari situ terkait dengan investasi.

"Rempang ini pelajaran yang tidak perlu terulang. Investasi harus disiapkan dengan kesadaran masyarakat secara bersama-sama," ujarnya saat di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Senin (18/9/2023).

Menurut Cak Imin--sapaan karib Muhaimin- investasi tidak boleh merugikan masyarakat setempat. Apalagi itu masyarakat adat yang sudah lama tinggal di kawasan tersebut.

"Tidak boleh investasi merugikan setempat, tapi justru memberikan berkah dan manfaat buat masyarakat setempat," tegas dia.

Kalau pun harus dilakukan relokasi, kata Cak Imin, perlu pendekatan humanis dengan cara dialog. "Proses pelaksanaanya harus dialogis, sama-sama merasa untuk, sama-sama mendukung proses sosialisasi diskusi, pendekatan yang baik," kata dia.

Pria yang juga Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyatakan, pemerintah saatnya mengedepankan dialog maupun diskusi. Bukan malah memilih tindakan represif yang semakin membuat situasi runyam.

"Saya kira saatnya pemerintah mengedepankan dialog dari pada represif," kata Cak Imin.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Rumah Baru bagi 700 KK Terdampak Rempang Eco-City

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya