Profil Irjen Teddy, Kapolda Jatim yang Baru

Selamat datang di Jawa Timur, Irjen Teddy

Surabaya, IDN Times - Irjen Pol Nico Afinta dicopot dari jabatan Kapolda Jawa Timur (Jatim) pascatragedi kerusuhan Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang. Sebagai gantinya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Pol Teddy Minahasa Putra sebagai pemimpin Korps Bhayangkara di wilayah Jatim.

Lantas siapakah Teddy? Bagaimana sepak terjangnya di kepolisian?

1. Pernah jadi Kapolres Malang Kota dan tempati sejumlah jabatan di Polda

Profil Irjen Teddy, Kapolda Jatim yang BaruKapolda Sumatra Barat (tengah). Doc. IDN Times

Dihimpun dari berbagai sumber, Teddy yang lahir Minahasa Sulawesi Utara pada 23 November 1970 ini merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1993. Pria yang kini berusia 51 tahun ini ternyata tak asing dengan Jatim. Karena pernah menjabat Kapolres Malang Kota pada tahun 2011 lalu.

Tapi, kiprah Teddy lebih banyak di tingkat polda. Sejumlah jabatan strategis pernah ia emban. Kasubditmin Regident Ditlantas Polda Jateng pada 2008, Kabidregident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kapolda Banten pada 2018, Wakapolda Lampung pada 2018, terkahir ialah Kapolda Sumatra Barat sejak 2021.

Selama menjadi Kapolda Sumatra Barat, Teddy menyatakan perang dengan perjudian. Sejumlah kasus bersandi 303 di wilayah hukum Sumatra Barat telah diungkapnya. Total ada 124 kasus yang dibongkar, sebanyak 226 orang ditangkap kemudian ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga: Imbas Tragedi Kanjuruhan, Kapolda Jatim Nico Afinta Dicopot

2. Sempat emban jabatan di Mabes Polri hingga jadi orang dekat Wapres RI

Profil Irjen Teddy, Kapolda Jatim yang BaruIrjen Teddy Minahasa Putra. Dok. Humas Lemhanas

Selain di tingkat Polda, Teddy juga beberapa kali menduduki jabatan strategis di Mabes Polri. Kasubbagjiansisops Bagjiansis Rojianstra Sops Polri pada 2013, Kaden C Ropaminal Divpropam Polri  pada 2013, Karopaminal Divpropam Polri pada 2017 dan Sahlijemen Kapolri pada tahun 2019.

Lebih lanjut, Teddy juga tercatat pernah menempati jabatan penting lainnya. Yakni sebagai ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tahun 2014. Perwira yang kini punya dua bintang emas itu juga pernah menjabat Staf Ahli Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tahun 2017.

3. Punya jabatan Ketum Harley dan koleksi kendaraan mewah

Profil Irjen Teddy, Kapolda Jatim yang BaruIlustrasi pengendara HDCI. Dok IDN Times

Tak hanya di kepolisian, Teddy yang gemar dengan dunia otomotif ini, sejak tahun 2021 menjadi Ketua Umum Harley Davidson Club Indonesia (HDCI). Masa jabatannya ialah lima tahun, akan berakhir pada tahun 2026 mendatang.

Teddy tercatat di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mempunyai sejumlah kendaraan mewah dengan nilai total Rp2,07 miliar. Antara lain, Harley Davidson Solo tahun 2014, Jeep Wrangler tahun 2016, Toyota Land Cruiser HDJ80R tahun 1996 dan Toyota FJ 55 tahun 1970.

Baca Juga: Irjen Teddy Minahasa Lantik Pengurus Daerah dan Cabang HDCI Lampung

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya