Comscore Tracker

Konflik Papua, Menpora: Jangan Mudah Terprovokasi!

Pemuda Papua harus dirangkul

Surabaya, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi merespons gejolak yang sedang terjadi di Papua. Terlebih, konflik itu diduga bermula dari peristiwa mahasiswa Papua yang ada di Malang dan Surabaya.

 

1. Rangkul pemuda Papua untuk redam konflik

Konflik Papua, Menpora: Jangan Mudah Terprovokasi!IDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Melihat hal itu, Imam berencana merangkul tokoh kepemudaan di Tanah Air. Tujuannya untuk menyelesaikan masalah kepemudaan di Papua. Karena, disebutnya, konsolidasi organisasi kepemudaan di Papua selama ini berjalan dengan baik.

"Ini kesempatan tokoh-tokoh pemuda untuk turun tangan memastikan jangan sampai peristiwa tertentu kemudian menyebabkan kita bertengkar antar saudara. Apalagi belum jelas masalahnya dan kemudian menimbulkan kerusuhan di tempat lain," ujarnya saat di Asrama Haji Surabaya, Senin (19/8). 

2. Minta semua pihak khususnya pemuda tidak mudah terprovokasi

Konflik Papua, Menpora: Jangan Mudah Terprovokasi!IDN Times/istimewa

 

Imam juga mengimbau, agar para pemuda asal Papua tidak mudah terpancing oleh informasi yang belum jelas asal-usulnya. Ia juga menyarankan semua pihak menahan diri untuk tidak melakukan kebencian dan permusuhan.

"Selebihnya kalau terjadi tindakan anarkis kita serahkan kepada penegak hukum," kata Imam. 

3. Terjadi pembakaran Gedung DPRD Papua Barat

Konflik Papua, Menpora: Jangan Mudah Terprovokasi!ANTARA FOTO/Toyiban/pras.

Pembakaran Gedung DPRD Papua Barat, Manokwari, Papua, Senin pagi (19/8), diduga ada unsur kesengajaan dari massa. Massa juga memblokade jalanan dengan cara membakar ban bekas dan gerobak milik warga.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, kerusuhan di Manokwari dimulai sekitar pukul 07.30 WIT. Sejumlah massa mendatangi gedung DPRD Papua Barat dan membakarnya. Aksi massa di Papua Barat ini, kata Dedi, diduga buntut dari penanganan mahasiswa Papua di Semarang, Malang, dan Surabaya.

Baca Juga: Kapolri: Manokwari Kota Relijius, Kota Kristiani, Ayo Jaga Cinta Kasih

Topic:

  • Ardiansyah Fajar
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya