Datang ke UCLG Aspac, Anies Ajak Tidak Bermain Lokal

Minta tiru Surabaya yang sudah mendunia

Surabaya, IDN Times - Kongres United Cities and Local Goverment (UCLG) Asia Pasific (Aspac) ke-7 digelar di Dyandra Convention Hall Surabaya, Kamis (13/9). Kongres kali ini, dihadiri sejumlah delegasi dari berbagai negara. Tak ketinggalan, ada pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

1. Anies ajak jangan main di lokal

Datang ke UCLG Aspac, Anies Ajak Tidak Bermain LokalDok. IDN Times

Pada kesempatan ini, Anies menyampaikan adanya UCLG Aspac harus dimanfaatkan oleh kota-kota di Indonesia untuk kerjasama dengan kota negara lain. Menurutnya, ini bisa menjadi suatu kesempatan tampil di level internasional. "Indonesia jangan lagi bermain di lokal," kata Anies.

2. Karena punya potensi dan diperhitungkan

Datang ke UCLG Aspac, Anies Ajak Tidak Bermain LokalDok. IDN Times/ Istimewa

Anies melihat, kota-kota di Indonesia memiliki potensi dan diperhitungkan di level internasional. Maka dari itu, kongres seperti di Surabaya bisa menjadi bagian untuk tukar pikiran antar kota atau pun provinsi dari negara lain. "Jangan terlalu banyak ngobrol dengan kepala daerah sesama negara. Biasanya setelah pertemuan seperti ini kepala daerah akan terinspirasi. Yang penting memahami dan menindaklanjuti," jelasnya.

Baca Juga: Anies Beberkan Alasan Kenapa Belum Ada Pengganti Wakil Gubernur

3. Seperti halnya Surabaya yang telah menerapkan smart city

Datang ke UCLG Aspac, Anies Ajak Tidak Bermain LokalDok IDN Times/Istimewa

Mantan Menteri Pendidikan ini juga mengapresiasi kerja Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Pasalnya, Kota Pahlawan kerap dijadikan rujukan program pembangunan di level Internasional. Terbukti, Risma mulai menerapkan smart city, kota layak anak dan melestarikan kearifan budaya lokal.

Baca Juga: Risma Jadi Capres Tunggal Pemda se-Asia Pasifik

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya