Comscore Tracker

Capres 2024, Millennials Jatim Jagokan Risma, Prabowo, dan Ganjar

Hayo, kamu milih siapa?

Surabaya, IDN Times - Surabaya Survey Center (SSC) merilis hasil survei terbarunya tentang calon presiden 2024, pada Senin (12/4/2021). Hasilnya, ada tiga tokoh yang diidolakan Millennials untuk menjadi Presiden 2024 mendatang. Mereka yakni Menteri Sosial, Tri Rismaharini; Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto; dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

1. Ketiganya unggul dalam hal elektabilitas dan Top of Mind

Capres 2024, Millennials Jatim Jagokan Risma, Prabowo, dan GanjarTri Rismaharini (Instagram.com/tri.rismaharini)

Direktur Riset SSC, Edy Marzuki mengatakan, meski Pemilihan Presiden (Pilpres) masih tiga tahun lagi, ternyata beberapa Millennials sudah menyatakan sikap untuk calon penerus Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. Ketiga tokoh itu bersaing di survei Top of Mind atau yang paling pertama diingat saat ditanyakan serta elektabilitas atau tingkat keterpilihan.

“Di survei Top of Mind, Prabowo memuncaki hasil dengan capaian 8,9 persen. Kemudian disusul Risma dan Ganjar yang masing-masing meraih 7,8 persen dan 5 persen," ujarnya saat di Hotel Narita Surabaya.

"Kalau untuk elektabilitas, Risma memuncaki dengan 15 persen. Baru disusul oleh Prabowo dan Ganjar yang masing-masing mengantongi 10,8 persen dan 9,9 persen,” tambah Edy.

2. Tokoh lain masih berpeluang mendongkrak elektabilitasnya

Capres 2024, Millennials Jatim Jagokan Risma, Prabowo, dan GanjarANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Meski begitu, lanjut Edy yang yang juga dosen di Universitas Yudharta Pasuruan, potensi untuk tokoh-tokoh lain mendongkrak elektabilitas masih terbuka lebar. Pasalnya, responden yang belum menyatakan pilihan juga banyak.

“Di survei Top of Mind, 67,6 persen responden memilih tidak tahu atau tidak menjawab. Untuk survei elektabilitas, 41,4 persen memilih tidak tahu dan tidak menjawab. Ini ceruk yang sangat potensial mengingat Pilpres masih di tahun 2024,” kata Edy

3. Survei melibatkan 1.070 responden di 38 kabupaten/kota se-Jatim

Capres 2024, Millennials Jatim Jagokan Risma, Prabowo, dan GanjarANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Sekadar diketahui, survei SSC dilaksanakan sejak 5-25 Maret 2021. Survei digelar di 38 kabupaten/kota se-Jatim. Melibatkan 1.070 responden dengan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan Millennials dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.

Baca Juga: Ketum PBNU Sebut Capres 2024, Cak Imin: Punya Amanah sebagai Ketua PKB

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya