Comscore Tracker

Vitamin D Mulai Langka, Ayo Berjemur Pakai Aturan Ini

Disarankan berjemur di pagi hari

Surabaya, IDN Times - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Timur (Jatim), dr. Sutrisno mengungkapkan kalau sejumlah obat dan vitamin yang dibutuhkan untuk pasien COVID-19 susah didapatkan. Padahal, sekarang ini banyak warga yang sedang isolasi mandiri (isoman) di rumah.

1. Sarankan konsumsi Vit D3-5000

Vitamin D Mulai Langka, Ayo Berjemur Pakai Aturan IniPixabay

dr. Sutrisno menyebut, beberapa obat dan vitamin yang diperlukan bagi pasien isoman ialah obat virus atau antivirus, antioksidan, zinc, Vitamin C dan Vitamin D. Khusus Vitamin D, ia menganjurkan untuk mengonsumsi D3-5000.

"Tapi kalau adanya yang 1.000 ya tidak apa, ditambah berjemur setiap hari saya rasa cukup," ujarnya saat live Instagram bareng Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Dear Pasien Isoman Jatim, Kalau Butuh Konsultasi Cukup Klik Ini

2. Jika vitamin D tidak ada, bisa berjemur pagi atau siang hari

Vitamin D Mulai Langka, Ayo Berjemur Pakai Aturan Inipexels.com/Ray Rodriguez

Ketika berjemur, kata dr. Sutrisno, ada aturannya. Apabila berjemur pagi hari di bawah jam 10.00 WIB, maka harus lebih dari satu jam. Namun jika berjemur siang hari sekitar 11.00 WIB ke atas, maka cukup dilakukan selama 15-30 menit saja.

"Karena durasi ekspos dengan intensitas cahaya berpengaruh," ucap dia.

3. Berjemur lebih baik pagi hari

Vitamin D Mulai Langka, Ayo Berjemur Pakai Aturan Iniinstagram.com/pevpearce

Kendati ada aturannya, dr. Sutrisno menyarankan supaya masyarakat terutama yang serang terpapar COVID-19 memilih berjemur pada pagi hari saja. Sebab, sengatan matahari pada siang hari banyak dampak negatifnya.

"Idealnya pagi, kalau siang banyak negatifnya terutama di kulit. Tapi ingat kalau berjemur pagi, harus lebih lama," pungkasnya.

Baca Juga: 27 Ribu Lebih Warga Jatim Isoman COVID-19, Terbanyak di Surabaya

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya