Comscore Tracker

Ekspor Udang dan Ikan Jatim Tetap Naik di Tengah Pandemik

Konsumen dari AS, Tiongkok dan Jepang jadi peminat utama

Surabaya, IDN Times - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur (Jatim), Drajat Irawan membeberkan kalau ekspor ikan dan udang periode Januari-Juli 2020 mengalami kenaikan 3,33 persen meski dalam masa pandemik COVID-19. Angka ekspor sektor perikanan periode ini mencapai 636,84 juta dolar AS. Sedangkan tahun lalu di periode yang sama mencatatkan 616,33 juta dolar AS.

1. Amerika, Tiongkok dan Jepang jadi tujuan utama ekpor

Ekspor Udang dan Ikan Jatim Tetap Naik di Tengah Pandemikunsplash

Drajat mengatakan, pasar utama ekspor ikan dan udang Jatim ada tiga negara tujuan. Yakni Amerika Serikat, Tiongkok dan Jepang. Ketiga negara tersebut, berkontribusi sekitar 92,11 persen dari total nilai ekspor ikan dan udang Jatim.

“AS, Jepang, dan China menjadi tiga negara teratas pasar terbesar ekspor komoditi udang Jatim," ujarnya, Rabu (16/9/2020).

Baca Juga: Resep Cakwe Udang yang Spesial untuk Camilan Santai di Rumah 

2. Udang jadi komoditas dengan permintaan tertinggi

Ekspor Udang dan Ikan Jatim Tetap Naik di Tengah PandemikIlustrasi ekspor. (IDN Times/Arief Rahmat)

Khusus udang, kata Drajat, permintaannya sangat tinggi dari tiga negara tersebut. ia pun menyebut komoditas ini perlu didorong supaya mampu memenuhi standar produk layak ekspor. Disperindag Jatim melalui FTA Center Surabaya siap memberikan pendampingan, konsultasi, maupun sosialisasi terkait regulasi ekspor.

"Selain itu, beberapa kegiatan seperti business matching dengan negara lain gencar dilakukan oleh Disperindag Jatim untuk menemukan pasar-pasar baru," katanya.

3. Pelaku usaha diimbau perhatikan kualitas produknya yang akan diekspor

Ekspor Udang dan Ikan Jatim Tetap Naik di Tengah PandemikIlustrasi (Pixabay)

Para pelaku usaha pun diimbau memperhatikan produk yang akan dieskpor. Seperti halnya, harus memenuhi ketentuan asal barang yang dibuktikan dengan kepemilikan dokumen Surat Keterangan Asal (SKA).

"Untuk ekspor ke negara Amerika Serikat (AS) dapat menggunakan SKA Form A, Form IJEPA digunakan untuk negara Jepang, dan form E untuk negara China," ucapnya.

Baca Juga: Ekspor Pertanian Naik di Saat Pandemik Ganggu Kinerja Ekspor Nasional

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya