Empat Pelaku Pembakaran Mapolsek Tambelangan Diciduk, 21 Masih DPO

Keempatnya adalah sopir

Surabaya, IDN Times - Polda Jawa Timur kembali menangkap empat orang yang terduga terlibat dalam insiden pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Madura. Untuk saat ini, satu orang ditetapkan sebagai tersangka dan tiga orang lainnya menjadi saksi.

1. Ada enam orang ditetapkan sebagai tersangka

Empat Pelaku Pembakaran Mapolsek Tambelangan Diciduk, 21 Masih DPODok.IDN Times/Istimewa

 

Sebelumnya, polisi telah mengamankan enam orang terduga pelaku. Dari penangkapan itu, lima orang ditetapkan sebagai tersangka sementara satu orang lainnya menjadi saksi.

"Ada tiga tahap (penangkapan) yang kami lakukan. Dari tahap pertama dan dua, enam dari sepuluh orang kami tetapkan tersangka," kata Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Luki Hermawan di Surabaya, Jumat (31/5).

2. Menetapkan 21 orang DPO

Empat Pelaku Pembakaran Mapolsek Tambelangan Diciduk, 21 Masih DPODok.IDN Times/Istimewa

 

Berdasarkan keterangan para tersangka dan saksi, Luki mengatakan bahwa pihaknya tengah mencari 21 tersangka lainnya. "Dari tersangka yang sudah kami BAP, ini sudah menyebutkan nama-nama yaitu ada 21 orang, hari ini akan kami buat daftar pencarian orang (DPO)," tambah Luki.

Adapun aktor intelektualnya sudah diamankan oleh aparat keamanan. DPO sisanya adalah pihak yang membantu kerusuhan. "Ini (DPO) yang merakit bom, yang mengumpulkan massa, yang mengarahakan, yang ikut melempar, ikut merusak. Ini dari keterangan para saksi," bebernya.

3. Empat tersangka baru adalah sopir

Empat Pelaku Pembakaran Mapolsek Tambelangan Diciduk, 21 Masih DPOANTARA FOTO/Rusyidi Zain

Ditambahkan oleh Direskrimum Polda Jawa Timur, Kombes Pol. Gapuh Setiyono, empat pelaku yang baru ditangkap merupakan sopir, pemilik kendaraan, dan saksi mata.

"Mereka Inisialnya M, A, N sama yang terakhir AM. Itu sopir sama pemilik kendaraan sama itu. Jadi bukan habib," tandas Gupuh.

4. Mapolsek Tambelangan dibakar ratusan massa

Empat Pelaku Pembakaran Mapolsek Tambelangan Diciduk, 21 Masih DPOANTARA FOTO/Rusyidi Zain

 

Sebagaimana diketahui, pada Rabu (22/5) malam kemarin, Mapolsek Tambelangan dibakar sekitar 200 massa. Insiden anarkis yang terjadi pada pukul 22.00 WIB itu diduga didalangi oleh habib.

Polisi sebelumnya telah mengimbau massa untuk tidak membuat perusakan, namun massa tidak bergeming. Alhasil, dalam hitungan menit, Mapolsek habis dilahap api setelah dilempari bom molotov.

Baca Juga: Polisi Tangkap Tiga Pelaku Pembakaran Mapolsek Tambelangan Sampang

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya