Comscore Tracker

Tiga Periode Duduk di DPRD, Aji Akhirnya Jadi Bupati Pacitan

Ia merupakan keponakan dari mantan Presiden SBY

Pacitan, IDN Times – Karir Indrata Nur Bayuaji di kancah politik lokal Pacitan terbilang berjalan perlahan tapi pasti. Sebelum menjabat sebagai bupati 2021-2024, pria yang akrab disapa Mas Aji ini sudah duduk di kursi DPRD Pacitan selama tiga periode.

Pertama, untuk periode 2009 – 2014 yang menjabat sebagai Sekretaris Fraksi Demokrat. Kemudian, pada periode 2014 – 2019, ia memegang posisi Ketua Fraksi Partai Demokrat. Pada periode ketiga, yakni 2019 – 2022, ia menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pacitan.  

Namun, periode ketiga tidak dituntaskannya. Aji mengundurkan diri sebagai legislator pada 24 September 2020. Sebab, ia maju dalam pertarungan pemilihan bupati yang berpasangan dengan Gagarin sebagai calon wakilnya.

1. Keponakan dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono

Tiga Periode Duduk di DPRD, Aji Akhirnya Jadi Bupati PacitanBupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat menjadi guru dadakan saat kunjungan kerja di sekolah dasar. (instagram.com/inb_indratanurbayuaji)

Perjalanan Aji di bidang politik dimulai dari Partai Demokrat Pacitan. Pada partai berlogo mercy, pria kelahiran Pacitan, 16 Desember 1978 ini kerapkali mengisi posisi strategis. Keponakan Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini sempat menjabat sebagai Kabid Kepemudaan (2007-2012) dan bendahara selama dua periode (2012 – 2022).

Kiprah politik praktis dilakoni Aji setelah menuntaskan pendidikan sarja strata-1 Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (STIBA) Malang. Penempaan diri dalam berpolitik secara terus menerus, membuat kariernya kian menanjak seiring berjalannya waktu.

2. Hobi berselancar

Tiga Periode Duduk di DPRD, Aji Akhirnya Jadi Bupati PacitanBupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menentang papan selancar di salah satu pantai wilayah Pacitan. (instagram.com/inb_indratanurbayuaji)

Meski secara total bergelut dalam urusan politik, Aji tetap memperhatikan sisi kehidupan lain dalam dirinya. Ia masih sering melakukan hobinya berselancar di pantai wilayah Pacitan. Suami dari Efi Suraningsih ini juga sebagai anggota Pacitan Surf Club.

Hobinya berselancar sudah dilakoni sejak muda. Ini dilakukan lantaran ombak di laut Pacitan dikenal layak untuk olah raga ini. Bahkan, sejumlah surfer internasional beberapa kali mencoba ombak di sana. Ini seperti di Pantai Watukarung, Kecamatan Pringkuku. Bruce Irons, juara Rip Curl Search 2008 pernah menjajal ombak dengan tipe reef break di sana.

Baca Juga: 9 Pantai di Pacitan yang Indah dan Wajib Kamu Kunjungi 

3. Sektor pariwisata menjadi prioritas pengembangan daerah

Tiga Periode Duduk di DPRD, Aji Akhirnya Jadi Bupati PacitanBupati Pacitan Indarata Nur Bayuaji melepas tukik berasama sejumlah anak-anak di pantai Pacitan. (instagram.com/inb_indratanurbayuaji)

Potensi pariwisata di Pacitan memang cukup besar. Selain memiliki kawasan pantai dengan panjang sekitar 70 kilometer, juga adanya sejumlah destinasi wisata alam lain. Potensi di bidang itu menjadi prioritas Aji dalam kepemimpinannya sebagai bupati.

Sektor pariwisata dijadikan sebagai lokomotif penggerak perekonomian. Upaya ini disenergikannya dengan program desa wisata yang sejalan dengan program pemerintah pusat dalam pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga: Catatan Sejarah Gempa Besar dan Tsunami yang Melanda Pacitan dari 1840

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya