Sejak Jumat, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup karena Badai

Untuk menghindari jatuhnya korban

Magetan, IDN Times - Angin kencang alias badai sedang melanda kawasan Gunung Lawu. Akibatnya, Perum Perhutani KPH Lawu DS menutup jalur pendakian Cemoro Sewu dan Singolangu di wilayah Plaosan, Magetan, sejak Jumat (3/1).

Hingga hari ini, Minggu (5/1), penutupan jalur pendakian juga diberlakukan di Cemoro Kandang dan Candi Cetho wilayah Karanganyar, Jawa Tengah. Dua akses pendakian di gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl ini dikelola oleh Pemkab Karanganyar. 

1. Pendaki diminta tidak nekat

Sejak Jumat, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup karena BadaiPara pendaki Gunung Lawu. IDN Times/Nofika Dian

Asisten Perhutani Lawu Selatan KPH Lawu DS Marwoto mengatakan, penutupan empat jalur pendakian itu berdasarkan kesepakatan pihak terkait. Selain Perum Perhutani, pihak BPBD Magetan maupun Karanganyar, dan komunitas pecinta alam di pos pendakian Gunung Lawu juga dilibatkan.

Adapun tujuan dari penutupan jalur pendakian untuk menghindari jatuhnya korban. Terutama pendaki yang nekat melakukan aktivitasnya di tengah kondisi cuaca membahayakan. Sebab, badai yang tengah berlangsung berpotensi merobohkan pohon hutan di sepanjang jalur pendakian.

"Kami mengimbau agar para pendaki tidak nekat, karena cuaca buruk sedang terjadi, kata Marwoto, Minggu (5/1).

2. Dibukanya jalur pendakian tergantung kondisi cuaca

Sejak Jumat, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup karena BadaiIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Larangan itu telah disampaikan kepada para pendaki melalui petugas dan relawan yang bersiaga di loket pos pendakian. Selain itu, melalui papan yang berisi tentang larangan mendaki lantaran cuaca buruk di Gunung Lawu. "Sampai hari ini (Minggu) tidak ada yang nekat mendaki. Pendaki juga tidak ada yang stand by di dekat Pos Cemoro Sewu," jelas Marwoto. 

Disinggung tentang rencana kembali dibukanya jalur pendakian, ia menyatakan belum dapat dipastikan. Sebab, ditentukan oleh kondisi cuaca. Jika sudah normal, maka para pendaki diizinkan masuk untuk mendaki Gunung Lawu dari empat jalur yang telah disediakan.

 "Setelah kondisi aman dan petugas di empat pos pendakian sepakat, jalur akan dibuka lagi," kata dia. 

3. Jalur Sarangan-Cemoro Sewu sempat terganggu akibat badai

Sejak Jumat, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup karena BadaiPohon tumbang timpa mobil di Jalan Sungai Tangka, Ujungpandang, Makassar, Jumat (3/1) / Humas Polsek Ujungpandang

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Saputra mengatakan, angin kencang yang terjadi di kawasan Gunung Lawu mengakibatkan sejumlah pohon roboh pada Jumat dan Sabtu kemarin. Adapun lokasinya di ruas jalan antara Telaga Sarangan hingga Pos Pendakian Cemoro Sewu.

"Sekitar lima pohon yang ambruk dan sempat menutup jalan. Di lokasi juga terjadi longsor berskala kecil dari tebing di samping jalan," Fery menjelaskan.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya