Gempa Guncang Pacitan, Getaran Dirasakan Sekitar 5 Detik

Warga tanggap mitigasi gempa

Pacitan, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 (diperbarui BMKG M 5,3) mengguncang Pacitan, Minggu (17/7/2022) sore. Dampaknya, mayoritas warga keluar dari rumahnya masing-masing sebagai langkah pertama untuk menyelamatkan diri.
 
Adi, salah seorang warga Kelurahan Ploso, Kecamatan/Kabupaten Pacitan mengatakan dirinya sempat panik ketika merasakan getaran. "Saat itu, saya sedang di teras dan langsung lari ke jalan di depan rumah," ujar dia.

1. Warga berlarian ke luar rumah

Gempa Guncang Pacitan, Getaran Dirasakan Sekitar 5 DetikIlustrasi gempa. IDN Times

Kediaman Adi dan keluarganya dilintasi sebuah jalan kecil. Lebarnya sekitar 2,5 meter. Saat getaran gempa terasa dengan durasi sekitar lima detik, kondisi jalan itu tidak ada kendaraan bermotor yang melintas. Sebagian warga setempat juga berlari ke jalan itu. 

Upaya yang dilakukan warga merupakan mitigasi pada gempa. Hal itu biasa dilakukan ketika gempa terjadi demi menyelamatkan diri. "Kami mendapatkan cara seperti ini dari petugas dari BPBD yang sering menyampaikan informasi tentang kewaspadaan bencana," ujar Adi.

Baca Juga: Gempa Pacitan Tak Ada Kaitan dengan Pangandaran, Ini Penjelasannya

2. Lokasi gempa di barat daya Pacitan

Gempa Guncang Pacitan, Getaran Dirasakan Sekitar 5 DetikIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan bahwa gempa itu terjadi pukul 16.23. Lokask gempa berada di 9.14 Lintang Selatan (LS), 110.83 Bujur Timur (BT).

"Tepatnya di 111 kilometer (km) Barat Daya Pacitan dengan kedalaman 10 km," ujarnya tertulis ketika dihubungi.

Baca Juga: Gempa Bumi Tektonik di Pacitan Disebabkan Subduksi Lempeng

3. Dirasakan di Jatim dan Jateng

Gempa Guncang Pacitan, Getaran Dirasakan Sekitar 5 DetikIlustrasi gempa. IDN Times

Lebih lanjut, Daryono bilang kalau gempa bumi yang mengguncang Pacitan ini dirasakan di beberapa wilayah utamanya kawasan Pantai Selatan (Pansel). Mulai dari Jawa Timur (Jatim) hingga Yogyakarta. "Dirasakan di Karangkates, Gamping, Bantul, Wonogiri, Sleman, Pacitan, Trenggalek dan Nganjuk," kata dia menambahkan.

Terkait potensi tsunami, BMKG memastikan tidak ada. Sementara untuk kerugian material maupun korban jiwa, belum ada laporan. Pihaknya juga masih terus memuthakirkan data tentang gempa ini. "Tidak berpotensi tsunami, untuk data final masih diolah," ujar Daryono.

Baca Juga: Pacitan Diguncang Gempa, Dirasakan hingga Yogyakarta

Nofika Dian Nugroho Photo Community Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya