Hari Disabilitas Internasional, 1700 siswa Tampil Saling Memotivasi

Meningatkan pemahaman masyarakat tentang disabilitas

Banyuwangi, IDN Times - Memeringati hari disabilitas internasional, sebanyak 1700 siswa berkebutuhan khusus dari Kabupaten Banyuwangi saling menunjukkan kreativitas dan bakatnya di Pendopo Sabha Swagata Blambangan yang dikemas dalam Festival Kita Bisa, Selasa, (3/12).

Para siswa sejak pagi bergantian menampilkan beragam aksi mulai dari sendratari, pantomim, puisi, musik hingga hafalan baca Al-Quran.

1. Tampil saling menginspirasi

Hari Disabilitas Internasional, 1700 siswa Tampil Saling MemotivasiAksi penyandang disabilitas memperingati hari disabilitas internasional di Banyuwangi. IDN TImes/Istimewa

Tidak hanya menampilkan aksi kreatif Anak-anak disabilitas, festival juga berupaya menginspirasi para penyandang disabilitas lainnya. Terdapat empat penyandang disabilitas yang telah menorehkan karya di level nasional dan internasional dihadirkan untuk bercerita kisah perjalanan hidupnya.

Salah satunya yakni Muhammad Zulkarnain fotografer tuna daksa yang berprestasi di kancah internasional. Dengan kondisi fisik tanpa tangan dan kaki, Zul mampu membuktikan bahwa keterbatasan fisik tidak menjadi alasan untuk tidak berkarya. Bahkan dia akan melakukan pameran foto tunggal di Brazil pada 2020 nanti.

“Untuk menjadi yang terbaik ternyata tidak perlu sempurna. Lakukan saja yang terbaik dan terus percaya diri. Bulan Mei 2020, saya akan melakukan pameran foto tunggal di Brazil, minta doanya pada teman-teman agar semua berjalan lancar,” kata Zul menyemangati anak-anak lainnya.

Baca Juga: Hari Jadi Banyuwangi, Didi Kempot Bakal Sapa Sobat Ambyar

2. Menampung inspirasi para disabilitas

Hari Disabilitas Internasional, 1700 siswa Tampil Saling MemotivasiAksi penyandang disabilitas memperingati hari disabilitas internasional di Banyuwangi. IDN TImes/Istimewa

Selain Zul juga ada Wahyu Nurrohman difabel tuna netra yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Saat masih pelajar, Wahyu menjalani sekolah secara inklusi di SMA umum dan berprestasi di bidang matematika tingkat propinsi.

“Meskipun sempat diremehkan, tapi saya bisa membuktikan kalau saya juga bisa berprestasi. Jangan menyerah untuk teman-teman semuanya. Selalu ada jalan untuk kita yang bersungguh-sungguh,” katanya.

3. Mendorong hak disabilitas

Hari Disabilitas Internasional, 1700 siswa Tampil Saling MemotivasiAksi penyandang disabilitas memperingati hari disabilitas internasional di Banyuwangi. IDN TImes/Istimewa

Sementara itu, Ketua Yayasan Kesejahteraan dan Pendidikan Tuna Indera Indonesia (YKPTI) Banyuwangi, Ipuk Festiandani menyampaikan bahwa pihaknya terus mendorong para ABK untuk percaya diri mencetak prestasi di segala bidang. Apalagi, pemkab telah membuka jalan lebar bagi ABK berprestasi.

“Kami juga akan mendorong pemkab untuk terus memenuhi hak para difabel. Seperti fasilitas bagi mereka di ruang-ruang publik. Acara ini juga bagian dari kami menampung inspirasi dari para difabel apa yang perlu dilengkapi di kota ini,” ujarnya.

4. Ingin menghilangkan stigma

Hari Disabilitas Internasional, 1700 siswa Tampil Saling MemotivasiAchmad Zulkarnain, penyandang disabilitas yang terkenal dengan fotografer tanpa tangan dan kaki memberi semangat saat Festival Kita Bisa di Banyuwangi. IDN TImes/Istimewa

Dalam festival itu, juga ditampilkan sendratari “Ratu Lirang Agung” yang dimainkan 20 ABK dari SLB PGRI ABCD Kalipuro yang mengisahkan perjuangan melawan kolonialisme di kawasan lereng Gunung Ijen, Banyuwangi. Mereka dengan berbagai keterbatasan masing-masing, mampu berakting dengan luwes dan terlihat kompak.

“Peringatan ini bertujuan meningatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap mereka. Dan yang paling penting ini adalah bentuk dukungan untuk meningkatkan kemampuan mereka berkarya dengan memberikan kesempatan untuk tampil di hadapan publik,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Baca Juga: 5 Motivasi Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Para Penyandang Disabilitas

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya