Gempa Berkekuatan 6,6 Magnitudo di Bali, Terasa Kuat Hingga Banyuwangi

Padahal jaraknya 319 kilometer

Banyuwangi, IDN Times - Masyarakat kawasan pesisir Muncar, Kabupaten Banyuwangi merasakan imbas gempa berkekuatan 6,6 Magnitudo yang berpusat di Bali pada Kamis (19/3) dini hari. Menurut mereka, getaran gempa yang mereka rasakan sangat kuat.

 

1. Terasa kuat hingga Banyuwangi

Gempa Berkekuatan 6,6 Magnitudo di Bali, Terasa Kuat Hingga Banyuwangi(IDN Times/Sukma Shakti)

Dalam laporan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi pada pukul 00.45 WIB, tersebut memang terjadi saat sebagian besar masyarakat telah tidur lelap. Meski demikian, tidak sedikit yang terbangun dan beranjak lari ke luar rumah saat gempa terjadi.

"Rasanya seperti digoyang goyang keras, saya sampai bangun langsung pergi keluar," kata Nawawi, salah satu warga Muncar.

2. Jarak dengan pusat gempa 319 kilometer

Gempa Berkekuatan 6,6 Magnitudo di Bali, Terasa Kuat Hingga Banyuwangi(IDN Times/Arief Rahmat)

Nailul Muna, warga lainnya, juga merasakan guncangan yang kuat saat gempa terjadi. Dia langsung membopong anaknya keluar rumah.

"Kencang sekali, jendela, pintu sampai bersuara. Saya langsung gendong anak saya keluar. Gempanya sangat kencang tapi terasa hanya sebentar," jelasnya.

BMKG menyebut, gempa berkekuatan 6,6 Magnitudo berpusat di 273 Barat Daya, Kuta Selatan Bali dengan kedalaman 10 Km. Dari perhitungan aplikasi BMKG, jarak pusat gempa dengan kawasan Muncar mencapai 319 kilometer, namun tetap terasa kencang.

3. Tidak berpotensi tsunami

Gempa Berkekuatan 6,6 Magnitudo di Bali, Terasa Kuat Hingga BanyuwangiIlustrasi gelombang tsunami. (IDN Times/Sukma Shakti)

Gempa tersebut juga dirasakan hingga level IV di Lombok Tengah, Timur dan Barat. Kemudian level III di Sumbawa, Bima dan Dompu. Namun, gempa tidak berpotensi terjadi tsunami.

Baca Juga: 4 Jenis Gempa Bumi yang Paling Sering Terjadi, Kenali Perbedaannya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya