Blue Fire Ijen Challenge, Taklukkan Finish di 1800 Mdpl 

Akan hadapi tanjakan kaki Gunung Ijen

Banyuwangi, IDN Times - Para pebalap ajang Sport Tourism yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan menaklukkan berbagai tantangan medan mulai dari start Pantao Boom hingga Kaki Gunung Ijen, Paltuding dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut (Mdpl ).

1. Tanjakan di Gunung Ijen jadi tantangan

Blue Fire Ijen Challenge, Taklukkan Finish di 1800 Mdpl IDN Times/Istimewa

 

Para pebalap sepeda ini akan menempuh jalur flat hingga menanjak (King of Mountain) dengan total jarak tempuh 92 Km. Paltuding sebagai garis finish merupakan pos pemberangkatan pendakian ke TWA Gunung Ijen.

"Tanjakan menuju Gunung Ijen ini jadi tantangan sekaligus daya tarik tersendiri bagi para pembalap. Pembalap akan menjajal rute Tour de Banyuwangi Ijen. Mereka akan terpacu untuk bisa menaklukannya," ujar Ketua Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Jawa Timur, Guntur Priambodo, di garis start Pantai Boom, Banyuwangi, Sabtu pagi (13/7).

2. Terbagi dua kategori

Blue Fire Ijen Challenge, Taklukkan Finish di 1800 Mdpl IDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Wawan Yadmadi, menjelaskan, peserta Banyuwangi Blue Fire Ijen Challange terbagi dalam dua kategori, road bike 92 Km dan Fun Bike 18 Km.

Kategori road bike, sama-sama menempuh dari Pantai Boom kemudian melewati kota, lalu ke arah Selatan. Sesampainya di Kecamatan Srono, akan putar balik melewati Desa Alasmalang, Singojuruh yang dikenal dengan tradisi kebo-keboannya.

"Setelah itu, kembali lagi ke kota dan langsung menuju Paltuding lewat jalur Olehsari, Glagah," kata Wawan. 

Kategori road bike diikuti 83 pembalap dari berbagai kota, mulai Jakarta, Surabaya, Solo, Malang dan Banyuwangi sendiri.

Sementara untuk kategori fun bike, dengan jarak tempuh 18 Km, pebalap dari pantai Boom langsung menuju ke rest area Jambu di lereng Ijen, sebagai garis finish kategori ini.

"Semuanya kategori nanti berada di Jambu. Termasuk yang road bike. Meski finish di Paltuding (road bike) untuk awardingnya nanti di Jambu juga," jelas Wawan.

3. Kuatkan sektor pariwisata

Blue Fire Ijen Challenge, Taklukkan Finish di 1800 Mdpl IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko menjelaskan, ajang Banyuwangi Blue Fire Ijen Challenge, merupakan ajang sport tourism untuk menguatkan sektor pariwisata. Pantai Boom yang berada di pusat kota tersebut sedang dibangun dermaga marina terintegrasi. 

"Sengaja start-nya kita mulai dari Pantai Boom. Ini sekaligus promosi pantai ini yang telah ditata ulang dengan sangat baik, meski belum 100 persen tuntas," ungkap Yusuf.

4. Nikmati berbagai pemandangan alam

Blue Fire Ijen Challenge, Taklukkan Finish di 1800 Mdpl IDN Times/Istimewa

 

Selama perjalanan, pebalap akan menyaksikan lanscap pantai, kota, perkebunan hingga pemandangan pegunungan Kaki Gunung Ijen.

"Mereka juga akan merasakan sensasi tanjakan yang mengular hingga tiba di titik finish Paltuding Ijen," ujarnya.

Baca Juga: Selama Diplomasi, Kopi Osing Banyuwangi Tersaji Nikmat di ICAO

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya