Survei SRS: Pilgub Jatim Khofifah Menguat Disusul Risma

26,5 responden pilih Khofifah

Surabaya, IDN Times - Surabaya Research Syndicate (SRS) kembali menggelar survei untuk pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2023-2029. Hasilnya, nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menempati urutan pertama dan disusul Mentri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. 

Peneliti senior SRS, Edwin Abdul mengatakan, Khofifah Indar Parawansa sebagai incumbent masih tetap paling banyak dipilih. Sebanyak 26,5 responden mengaku akan memilih Khofifah apabila saat ini dilakukan Pilgub.

"Tokoh-tokoh yang kemungkinan dapat menjadi penantang kuat bagi Khofifah adalah Menteri Sosial Tri Risma Harini sebanyak 16,7 persen," jelasnya.

Lalu disusul nama mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf sebanyak 13,9 persen, Wagub incumbent Emil Dardak 13,4 persen dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menempati urutan kelima 11,8 persen. 

"Namun dalam format pertanyaan terbuka atau top of mind, juga muncul nama-nama kondang di tingkat nasional seperti Mahfud MD dan La Nyalla Mattalitti," kata dia. 

Untuk diketahui, survei SRS kali ini dilakukan tanggal 3 sampai 12 September 2023 di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang berdomisili di Jawa Timur dan minimal telah berusia 17 tahun dan telah memiliki e-KTP.

Jumlah sampel sebesar 1000 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis atau multistage random sampling. Margin of error kurang lebih 3,1 persen, dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara via telepon oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner. Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan.

Quality control terhadap hasil wawancara petugas lapangan dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh para supervisor SRS dengan cara menghubungi responden terpilih

Baca Juga: SSC Menilai Nama Fauzi Populer untuk Bursa Pilgub Jatim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya