Kunjungan Wisatawan Ditargetkan Naik, Surabaya Siapkan Living Heritage

Kya-kya, jalan Karet hingga Peneleh

Surabaya, IDN Times - Kunjungan wisatawan di Kota Surabaya tahun 2023 ditagetkan naik lebih dari 15 ribu orang. Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan wisata Living Heritage. Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, tahun 2022 jumlah wisatawan yang datang ke Surabaya adalah 15.000 orang. Kemudian untuk wisman sebanyak 600 orang. 

“Hari ini kami genjot untuk kapal pesiar dan domestik,” kata Wiwik, Sabtu (8/4/2023). 

Wiwik menyebut, untuk meningkatkan jumlah wisatawan datang ke Surabaya, pihaknya akan mengembangkan living heritage di sekitar Kya-kya yang memiliki nilai history sejarah. 

“Pengembangan ini kan tidak bisa dipisahkan dari jalan karet, kemudian tidak bisa dipisahkan dengan tempat peribadatan Hok An Kiong. Jadi, kami jalan terus, 2023 harus dioptimalkan,” katanya. 

Kemudian, wisata Susur Sungai Kali Mas juga terus di kembangkan. Apalagi, sudah mulai ada biro perjalanan paket wisata yang akan memberikan paket wisata dari Kya-kya hingga wisata Susur Sungai Kali Mas. 

Pihaknya juga akan menyiapkan wisata Kampung Peneleh. Di sana ada beberapa rumah milik tokoh pahlawan Indonesia yang memiliki nilai sejarah. 

“Di sana sudah ada spot tinggal dikoneksikan, ada rumah lahir Bung Karno, museum Tjokroaminoto, Lodgi, makam Peneleh, itu sebenarnya bisa disambungin. Itu pasti disambungin,” tandasnya.

Baca Juga: Diresmikan Lagi, Begini Sensasi Naik Perahu di Kalimas Malam Hari

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya