Kebangetan, 4 Pencuri Ini Bobol 13 Sekolah di Surabaya dan Sidoarjo

Mereka menggasak laptop dan uang

Surabaya, IDN Times – Polrestabes Surabaya akhirnya menangkap komplotan pelaku pencurian yang terjadi di sejumlah sekolah di Surabaya dan Sidoarjo. Komplotan yang terdiri dari CT, (21) AMH (21), MY (17) dan NM (21) ini diringkus pada Polrestabes Surabaya pada 22 Februari 2022 lalu. Mereka ditangkap setelah menjalankan aksinya di 11 sekolah di Surabaya dan 2 sekolah di Sidoarjo. 

1. Para pelaku mencuri laptop dan uang sekolah

Kebangetan, 4 Pencuri Ini Bobol 13 Sekolah di Surabaya dan SidoarjoIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Mirzal mengatakan bahwa para pelaku mencuri sejumlah barang berharga di sekolah, seperti laptop dan uang. Dalam melakukan aksinya, para pelaku bersama-sama survei mencari sasaran di wilayah Surabaya.

“Ketika sudah menemukan sasaran dan dirasa situasi sudah aman, para pelaku masuk dengan cara memanjat pagar dan mencongkel pintu skolah, dan mengambil barang-barang berharga di ruangan Tata Usaha (TU)(dan ruang guru,” ujar Mirzal, Kamis (3/3/2022).

Baca Juga: Bobol Akun Shopee dan BRI, Warga Sumsel Ditangkap Polres Trenggalek

2. Para tersangka ditangkap di lokasi yang berbeda

Kebangetan, 4 Pencuri Ini Bobol 13 Sekolah di Surabaya dan Sidoarjoilustrasi borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Mirzal menuturkan bahwa pelaku ditangkap usai adanya informasi pembobolan sekolah yang menyebabkan hilangnya laptop dan uang sekolah di 10 Sekolah Dasar dan SMP di Surabaya. Pihaknya lalu melakukan penyelidikan dan olah TKP dengan menganalisa CCTV dan mengumpulkan bukti lain.

“Setelah mendapat petunjuk, dari hasil pemeriksaan saksi-saksi, anggota Unit Jatanras menangkap tersangka AMH di daerah Pakal Surabaya saat tersangka sedang perjalanan pulang kerumah. Setelah itu anggota melakukan pengembangan dan menemukan petunjuk bahwa 2 tersangka yakni CT dan NM sedang berjalan-jalan di Mall Tunjungan Plaza Surabaya,” urainya.

Dari hasil keterangan tersangka, beberapa barang bukti hasil kejahatan disimpan di kamar yang mereka sewa di salah satu hotel di kota Surabaya. Polisi pun melakukan penangkapan terhadap tersangka MY dengan beberapa barang bukti yang berada di kamar tersebut.

3. Sebanyak 13 Sekolah jadi tempat pencurian

Kebangetan, 4 Pencuri Ini Bobol 13 Sekolah di Surabaya dan SidoarjoIlustrasi Pencurian Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Setidaknya ada 13 sekolah yang menjadi tempat pencurian.11 Sekolah di Surabaya dan 2 sekolah di Sidoarjo.

11 sekolah tersebut diantaranya SMPN12 Surabaya, SMPN 56 Surabaya, SMP taman pelajar Surabaya, SDN Hang Tuah 1 Surabaya, Sekolah kristen kalam kudus Surabaya SMPN 19 Surabaya SMP Santo Yosep Surabaya, SDN Pacar keling Surabaya, SMP Hangtua 1 Surabaya, SDN Made Surabaya dan SMPN 10 Surabaya. Semenyata 2 sekolah di Sidoarjo adalah SMA Antarika Sidoarjo dan SMPN 5 Sidoarjo.

Pelaku dijatuhi Pasal 363 KUHP tentang pencurian. Pelaku pencurian sekolah di Surabaya ini dihukum penjara paling lama 9 tahun.

Baca Juga: Viral Pencurian oleh Sepasang Suami Istri Bawa Anak di Tuban

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya