Kartolo Main Layar Lebar, Eri Mengenang Sapari dan Eko Londo

Sineas lokal iki rek

Surabaya, IDN Times - Seniman ludruk Cak Kartolo dan Ning Tini kembali membintangi layar lebar dalam film 'Kartolo Numpak Terang Bulan'. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pun menggelar nonton bareng (nobar) film "Kartolo Numpak Terang Bulan” di XXI Tunjungan Plaza (TP) Surabaya, Sabtu (16/3/2024) sekaligus mengenang almarhum Cak Sapari serta Cak Eko Tralala, dua seniman ludruk legendaris yang turut bermain dalam film tersebut.

Eri mengatakan, film "Kartolo Numpak Terang Bulan"  menunjukkan bahwa Kota Surabaya tidak pernah habis talenta-talenta ludruknya. Apalagi, film tersebut juga dekat dengan karakter warga Surabaya. 

"Kalau ingin mengetahui sifat-sifar orang Surabaya, maka orang Surabaya dan Indonesia bisa melihat film 'Kartolo Numpak Terang Bulan', ini menarik sekali sesuai dengan karakter-karakter yang memang saat ini Surabaya bentuk, jadi menunjukkan ciri khas," ujar dia.

Film yang disutradarai Ainun Ridho ini digarap oleh para sineas lokal. Bahkan, bekerjasama dengan SMK Dr Soetomo Surabaya. 

Eri mengatakan, menonton film 'Katolo Numpak Terang Bulan' juga bentuk dukungan terhadap sines lokal. Sehingga warga Surabaya perlu bangga atas hal ini. 

"Warga Surabaya bangga, karena ini semua kru-nya sutradanya hampir semua orang Surabaya asli," tutur dia. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sendiri telah melakukan berbagai hal untuk mendukung sineas lokal, salah satunya kerap mengadakan lomba-lomba film pendek. Sebab, sineas lokal berkontribusi terhadap ekonomi kreatif di Surabaya. 

"Kita selalu mengadakan lomba-lomba film pendek, kita untuk menggerakkan ekonomi kreatif, bahkan kita meminta melibatkan banyak sineas lokal untuk nanti membuat sebuah film, yang memang bisa kita lombakan," ungkapnya. 

Eri berharap, talenta-talenta baru sineas lokal muncul di Kota Pahlawan. Sehingga, sineas yang ada di Surabaya bisa bersaing di kanca nasional.

"Sineas lokal ini sangat luar biasa di kota Surabaya, tinggal kita memunculkan keberanian untuk bertarung secara nasional," pungkas dia. 

Baca Juga: Yo, Opo Kabare Cak Kartolo?

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya