Comscore Tracker

Sidak Kilang Minyak, Kadis ESDM Jatim Minta Pekerja Lokal Diutamakan

Jangan sampai malah jadi beban warga ya, pak

Tuban, IDN Times- Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur (Jatim) Setiajit, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di lokasi pengerjaan proyek kilang minyak di Desa Wadung, Sumurgeneng dan Kaliuntu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban Jumat (6/12).

Saat berkunjung, pihaknya meminta kepada Pertamina agar memprioritaskan pekerja lokal dalam pembangunan Mega proyek kilang minyak tersebar di Asia Tenggara tersebut. "Pastilah kita dorong Pertamina agar mempekerjakan tenaga kerja lokal," kata Setiajit, saat dikonfirmasi IDN Times melalui sambungan telepon selulernya, Sabtu (7/12).

1. Mampu menyejahterakan masyarakat Tuban

Sidak Kilang Minyak, Kadis ESDM Jatim Minta Pekerja Lokal DiutamakanKepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur Setiajit, saat meninjau lokasi pembangunan kilang minyak Pertamina di Tuban. IDN Times/Istimewa

Keberadaan kilang minyak, lanjut Setiajit, wajib memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat Tuban khususnya mereka yang tinggal di tiga desa tempat kilang itu berdiri. "Jangan sampai dikemudian hari masyarakat di sana tidak sejahtera," imbuhnya.

Permintaan Setiajit ini cukup beraalasan. Sebab, proyek milik PT Pertamina Rosneft ini diperkirakan akan membutuhkan pembebasan lahan warga setempat seluas 840 hektare, ditambah dengan lahan reklamasi seluas 200 hektar.

2. Pembangunan kilang juga memanfaatkan lahan milik Perhutani dan KLHK

Sidak Kilang Minyak, Kadis ESDM Jatim Minta Pekerja Lokal DiutamakanMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghampiri salah satu pekerjaan. IDN Times/Imron

Selain menggunakan lahan milik para warga. Pembangunan kilang minyak tersebut juga bakal memanfaatkan lahan milik Perhutani dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). "Jadi beberapa waktu yang lalu Pak Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga sudah ke lokasi dan memberikan izin pembangunan pelabuhan. Ya kita harapkan pembangunan ini bisa berjalan dengan lancar dan memberikan kontribusi baik terhadap Kabupaten Tuban," harapannya.

 

Baca Juga: Pembangunan Kilang Minyak di Tuban Diprotes Warga, Begini Kata Jokowi

3. Bakal dikawal hingga tuntas

Sidak Kilang Minyak, Kadis ESDM Jatim Minta Pekerja Lokal DiutamakanKepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur Setiajit, saat diwawancarai wartawan. IDN Times/Istimewa

Sebagai utusan Gubernur Jatim, Setiajit memastikan proyek strategis nasional tersebut harus terus berjalan hingga lancar. Terkait dengan ganti rugi lahan juga harus dimusyawarahkan dengan baik bersama para warga.

"Saya ditugaskan oleh ibu gubernur agar pembangunan proyek kilang Tuban ini berjalan dengan baik dan dapat memberi manfaat untuk masyarakat dan saya akan kawal terus hingga selesai nanti," terang mantan Plt Bupati Jombang tersebut.

4. Tuban adalah kabupaten paling aman

Sidak Kilang Minyak, Kadis ESDM Jatim Minta Pekerja Lokal DiutamakanMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati saat meninjau lokasi pembangunan pelabuhan kilang minyak di Tuban. IDN Times/Imron

Menurut Setiajit, Tuban dipilih sebagai lokasi proyek kilang minyak terbesar di Asia tersebut karena merupakan daerah aman. Di samping itu, Tuban akan dijadikan kawasan industri terpadu. "Tentunya sudah melakukan beberapa kajian kenapa dibangun di sini (Tuban) salah satunya adalah daerah ini aman," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Fakta Megaproyek Kilang Minyak Pertamina di Tuban Senilai Rp225 T

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You