Comscore Tracker

Kisah Pilu Yati, TKI Dideportasi dan Kehilangan Keluarga

Yati dibawa orang tuanya ke Malaysia sejak umur 1 tahun

Tuban, IDN Times - Kisah pilu dialami Yati Dasir (50). Wanita yang telah puluhan tahun tinggal di Malaysia itu kini kehilangan sanak keluarganya di Desa Mrutuk, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Yati merupakan satu di antara ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi oleh pemerintah Malaysia karena tak memiliki dokumen kependudukan yang resmi alias ilegal. Yati sendiri tiba di Tuban pada Sabtu (7/5/2022), lalu.

1. Yati dibawa orang tuanya ke Malaysia sejak umur 1 tahun

Kisah Pilu Yati, TKI Dideportasi dan Kehilangan KeluargaYati Dasir TKI yang dideportasi dari Negara Malaysia mendatangi Desa Sumberejo, Widang, Tuban. IDN Times/Imron

Kisah Yati menjadi perantauan di negeri Jiran dilalui sejak dia masih kecil. Yati berangkat ke Malaysia sejak masih berusia 1 tahun. Kedua orangtuanya membawa Yati merantau ke Malaysia dan sesampainya di sana kedua orangtuanya bekerja di sebuah perkebunan. Yati tinggal bersama orang Malaysia yang telah lama ia kenal. 

"Sejak umur satu tahun sudah dibawa ke sana (Malaysia) orang tua kami dulu bekerja menjadi tukang kebun," kata Yati, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga: Kisah Inspiratif Heni Sri Sundani, Mantan TKI yang Gigih Capai Mimpi

2. Ibu dan ayahnya meninggal dunia pada saat Yati berusia 8 tahun

Kisah Pilu Yati, TKI Dideportasi dan Kehilangan KeluargaYati Dasir TKI yang dideportasi dari Negara Malaysia mendatangi Desa Sumberejo, Widang, Tuban. IDN Times/Imron

Namun, lanjut Yati, saat menginjak usia 5 tahun, sang ayah telah meninggal dunia akibat sakit. Tiga tahun berselang giliran ibunya yang tiada. Saat ibu dan bapaknya meninggal, Yati sendiri saat itu genap berusia 8 tahun. Di usianya yang masih belia, Yati kemudian diasuh dan dipekerjakan oleh orang Malaysia dan sejak itu pula Yati tak pernah diuruskan dokumen kependudukan. 

Sementara, Yati sendiri berkeyakinan jika orang tuanya berasal dari Mrutuk, karena orang tuanya sebelum meninggal pernah berwasiat kepadanya. "Bapak saya namanya Dasir dan memiliki saudara yang namanya Eitun, Ibu Eitun tinggal di Desa Mrutuk, Kecamatan Widang Tuban," katanya.

3. Yati berharap bisa dipertemukan dengan keluarganya di Tuban

Kisah Pilu Yati, TKI Dideportasi dan Kehilangan KeluargaYati Dasir TKI yang dideportasi dari Negara Malaysia kini mencari keberadaan keluarga di Tuban. IDN Times/Imron

Kini di usianya yang tidak lagi muda itu, Yati terus berharap bisa dipertemukan dengan kerabatnya yang ada di Tuban. Melalui bantuan dari Dinas Sosial P3A Kabupaten Tuban Yati mendatangi Desa Mrutuk untuk mencari saudara ayahanya yang dimaksud. Namun pencarian itu belum membuahkan hasil. Yati pun harus kembali ke tempat penampungan sementara Rumah Penghuni Sosial (RPS) Tuban.

"Ini tadi kita bawa ke Desa Mrutuk dan Sumberjo, kebetulan di Sumberjo sini ada yang mengaku kehilangan keluarganya tapi setelah kita pertemuan ternyata tidak. Kalau memang tidak ketemu maka ibu Yati ini kita akan bawa lagi ke Surabaya di sana kemungkinan akan dibawa ke pantai sosial," kata Pandu, Kasi Korban Tindak Kekerasan Dinas Sosial P3A Kabupaten Tuban kepada IDN Times di lokasi pencarian keluarga Yati.

Baca Juga: Orangtua TKI Bojonegoro Cabut Laporan Atas Ayu Ting Ting

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya