Tolak Rizieq, Pedemo di Surabaya Pasang Wajah Nikita Mirzani

Massa menolak kedatangan Rizieq Shihab di Surabaya

Surabaya, IDN Times - Salah satu hal yang menarik perhatian dari aksi penolakan Rizieq Shihab di depan Gedung Grahadi Surabaya pada Selasa (24/11/2020) adalah wajah artis ibu kota, Nikita Mirzani yang dijadikan gambar utama pada spanduk. Nikita menjadi simbol perlawanan massa aksi tersebut terhadap sosok pendiri Front Pembela Islam (FPI) itu.

1. Wajah Nikita Mirzani dipajang di spanduk

Tolak Rizieq, Pedemo di Surabaya Pasang Wajah Nikita MirzaniAksi penolakan Rizieq Shihab di Surabaya, Selasa (24/11/2020). Dok. Istimewa

Salah satu spanduk besar yang dibawa oleh massa aksi penolak Rizieq menunjukkan wajah Nikita saat mengenakan kerudung. Spanduk ini dibawa oleh massa aksi dan sempat dibentangkan di Taman Apsari, di depan Gedung Negara Grahadi usai aksi tersebut berakhir.

"Ini hati bukan roti yang bisa dibagi. NKRI harga mati," sebut spanduk dengan wajah Nikita di dalamnya.

2. Nikita dianggap sebagai simbol perlawanan

Tolak Rizieq, Pedemo di Surabaya Pasang Wajah Nikita MirzaniInstagram.com/ nikitamirzanimawardi_17

Koordinator Aksi, Ahmadi Jazuli mengatakan bahwa Nikita sengaja dipilih sebagai simbol keberanian untuk melawan kehadiran Rizieq. Nikita memang cukup vokal lantaran selalu mengutarakan opininya yang tidak sepakat dengan Rizieq. Bahkan meski diancam oleh para simpatisan Rizieq, Nikita tetap tak gentar.

"Dia adalah simbol perlawanan terhadap ujaran kebencian, intoleransi, dan adu domba. Dia adalah sosok wanita yang berani," ungkap Jazuli.

Nikita sendiri sempat disorot usai mengeluarkan pernyataan tentang habib tukang obat. Ia pun dikecam oleh pendukung Rizieq. Bahkan, mereka sempat mengancam akan menggeruduk rumah Nikita.

Baca Juga: Aksi Tolak Rizieq Shihab ke Jatim, Massa Ancam Adang Sejak di Bandara

3. Spanduk Nikita dicopot kelompok lain

Tolak Rizieq, Pedemo di Surabaya Pasang Wajah Nikita MirzaniKericuhan terjadi pada aksi penolakan Rizieq Shihab di depan gedung Grahadi Surabaya, Selasa (24/11/2020). Dokumentasi Istimewa

Namun, spanduk bergambar Nikita ini terbentang hanya dalam waktu yang singkat. Setelah aksi bubar, terdapat kelompok lain yang tiba-tiba datang serta mencopoti spanduk-spanduk massa aksi, termasuk spanduk Nikita. Akibat ada aksi pencopotan ini, kerusuhan pun tak dapat dihindari.

"Awalnya kami minta baik-baik spanduknya. Tapi yang sana jawabnya emosi. Jadi timbul gesekan dengan teman-teman," tutur Jazuli.

Baca Juga: 10 Gaya Seru Nikita Mirzani Naik Motor, Perkasa Beb!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya