Comscore Tracker

Tak Berani Jadi Mensos, tapi Risma Siap Kalau Diperintah Megawati

Bukannya yang menentukan Pak Jokowi, ya?

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan bahwa ia takut untuk menjadi Menteri Sosial (Mensos) karena jabatannya yang penuh tanggung jawab. Ia tak berani bermimpi untuk menjadi pengganti Juliari Batubara.

Kendati demikian, Risma mengisyaratkan bersedia jadi Mensos. Risma mengaku akan siap 100 persen mengisi posisi tersebut jika Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memerintahkannya.

1. Risma sebut jabatan jadi Mensos berat

Tak Berani Jadi Mensos, tapi Risma Siap Kalau Diperintah MegawatiWali Kota Surabaya, Tri Risma saat diwawancarai jurnalis. IDN Times/Fitria Madia

Risma mengatakan bahwa menjadi Mensos merupakan pekerjaan yang berat. Banyaknya data penting yang harus dicermati, serta banyaknya nyawa yang bergantung pada kebijakan membuat tanggung jawab menjadi Mensos begitu besar. Oleh karena itu, ia tak berani bermimpi atau meminta untuk menjadi Mensos.

"Coba berapa orang di indonesia ini sangat tergantung dari Mensos. Jadi itu kenapa aku gak berani sama sekali, siapa pun yang mempengaruhi aku, saya tidak berani berpikir itu. Karena itu berat pasti tugasnya," ujar Risma, Rabu (16/12/2020).

2. Tidak meminta, tapi jika akhirnya ditawari akan menjalani

Tak Berani Jadi Mensos, tapi Risma Siap Kalau Diperintah MegawatiIDN Times/Fitria Madia

Ia melanjutkan, jika memang nantinya ia dipercaya untuk mengemban jabatan untuk mendampingi Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo menjadi Mensos, maka mau tak mau ia akan menjalaninya. Tetapi, ia menekankan sekali lagi bukan ia yang menginginkan jabatan tersebut.

"Makanya kenapa, kalau aku tidak berpikir, aku tidak meminta, pasti Gusti Allah nanti akan membantu saat aku sulit. Karena tidak mudah. Misalkan masalah data, kan tidak mudah, kita mesti cari data klir, yang betul," tuturnya.

Baca Juga: Diisukan Jadi Mensos, Risma: Saya Salat Istikharah Dulu

3. Serahkan keputusan pada Megawati

Tak Berani Jadi Mensos, tapi Risma Siap Kalau Diperintah MegawatiKetua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Selain itu, Risma juga memasrahkan keputusan tersebut kepada Megawati. Jika nantinya Megawati meminta Risma menggantikan Juliari sebagai Mensos, maka Risma akan bersedia dan menjalani jabatan tersebut.

"Kalau saya baru mendapat perintah Bu Mega, 'Bu Risma kamu jalani'. Nah itu aku baru jalan. Tapi bukan aku yang minta atau aku yang kepingin," ungkapnya.

4. Risma mengaku belum ditawari Megawati

Tak Berani Jadi Mensos, tapi Risma Siap Kalau Diperintah MegawatiWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menggelar jumpa pers di kediamannya, Rabu (23/10). IDN Times/Fitria Madia

Namun, hingga saat ini Risma mengaku belum mendapatkan perintah tersebut dari Megawati. Menurutnya, wajar saja karena PDIP masih disibukkan dengan gelaran Pilkada serentak di berbagai daerah. Ia juga tidak mengharapkan Mega akan menawarkannya posisi sebagai Mensos.

"Belum (memberi perintah), karena memang belum selesai pilkadanya," tutur wali kota kelahiran Kediri tersebut.

Baca Juga: Makin Kencang Diisukan Jadi Mensos, Risma: Saya Gak Berani!

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya