Comscore Tracker

Soal Pesta Ultah Khofifah, Sekda Jatim: Itu Surprise dari Staff

Khofifah tak terlibat dalam perencanaan acara

Surabaya, IDN Times - Pesta ulang tahun (ultah) untuk Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi sorotan publik. Sebab, pesta yang digelar di halaman Gedung Negara Grahadi itu menunjukkan kerumunan orang dengan iringan musik secara langsung serta suguhan makanan prasmanan. Pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur buka suara, bahwa pesta itu bukan keinginan Khofifah.

Baca Juga: Ulang Tahun Khofifah Diduga Timbulkan Kerumunan, Pemprov: Sudah Prokes

1. Acara ulang tahun Khofifah inisiatif dari staffnya

Soal Pesta Ultah Khofifah, Sekda Jatim: Itu Surprise dari StaffPelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi (Plh Sekdaprov) Jatim, Heru Tjahjono. Dok. Istimewa.

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi (Plh Sekdaprov) Jatim, Heru Tjahjono mengatakan bahwa pesta yang ada di video viral itu merupakan kejutan dari para staff Pemprov Jatim untuk Khofifah yang sedang berulang tahun. Ia menegaskan bahwa pesta tersebut bukan merupakan inisiasi atau keinginan pribadi dari Khofifah.

"Memang betul ada acara, acara itu dadakan, surprise. Surprise dari staff dan para kepala OPD. Tidak semuanya karena beberapa kepala OPD ada kunjungan kerja. Itu tidak ada yang direncanakan," ujar Heru di Kantor Gubernur Jatim, Jumat (21/5/2021).

2. Khofifah sebenarnya enggan merayakan ulang tahunnya

Soal Pesta Ultah Khofifah, Sekda Jatim: Itu Surprise dari StaffIlustrasi Kegiatan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sebelum pandemik COVID-19. Dok. IDN Times/bt

Lebih lanjut, Heru menuturkan bahwa sebenarnya Khofifah pun enggan merayakan hari ulang tahunnya. Oleh karena itu ia tidak menggelar pesta besar-besaran. Namun, pesta di halaman Grahadi tersebut hanya berupa kejutan untuk ulang tahun Khofifah.

"Artinya apa, kita sudah siap sejak jam 7, Bu Gubernur dateng jam 8.15. Artinya apa, Ibu juga gak mau sebetulnya, gak mau acara seperti itu, gak mau seperti ini. Artinya, ini surprise yang dilakukan oleh staff," tutur Heru.

3. Para OPD tetap ingin merayakan pesta ulang tahun Khofifah

Soal Pesta Ultah Khofifah, Sekda Jatim: Itu Surprise dari StaffKangen Banyuwangi, Gubernur Khofifah Gowes Kampanye Protokol Kesehatan (Dok. Pemkab Banyuwangi)

Meski tahu Khofifah akan menolak, Heru dan rekan-rekannya juga tetap mengadakan acara yang mereka sebut mendadak itu. Mereka merasa Khofifah sudah sangat baik dan perhatian sehingga hari kelahirannya perlu disambut dengan suka cita meski tanpa pesta.

"Bu Gubernur ini perhatian. Saya ulang tahun diperhatikan. Oleh sebab itu Ibu Gubernur tidak tahu hal ini. Kita lakukan secara terbatas. Dan semuanya kita sudah swab secara rutin," sebutnya.

4. Menurutnya bintang tamu disiapkan mendadak

Soal Pesta Ultah Khofifah, Sekda Jatim: Itu Surprise dari StaffSuasana pesta ulang tahun Gubernur Khofifah di Gedung Grahadi. TikTok

Ia juga menyangkal bahwa pesta tersebut sudah disiapkan dengan sangat matang. Ia menyebut perayaan ulang tahun Khofifah ini hanyalah kejutan kecil-kecilan, bukan pesta sesungguhnya. Nyatanya, pesta itu dihadiri oleh penyanyi legendaris dari ibu kota, Katon Bagaskara.

"Tidak ada pesta. Tidak ada artis ibu kota. Itu teman saya. Katon itu teman saya. Bandnya itu Jawa Band yang biasanya dipakai latihan teman-teman nyanyi," ungkapnya.

5. Makanan yang disajikan juga disebut mendadak

Soal Pesta Ultah Khofifah, Sekda Jatim: Itu Surprise dari StaffSuasana pesta ulang tahun Gubernur Khofifah di Grahadi. TikTok

Selain itu, Heru menjelaskan bahwa makanan yang disuguhkan di pesta tersebut merupakan katering yang biasa digunakan di Gedung Negara Grahadi. Pihaknya tidak menyiapkan hidangan khusus dalam pesta tersebut. Meski demikian, makanan tetap diambil dengan prasmanan yang tak sesuai dengan protokol kesehatan.

"Itu makanan biasa yang biasanya ada di Grahadi. Pelayannya juga pelayanan yang biasa ada di Grahadi," pungkas Heru.

Baca Juga: Pesta Ultah Picu Kerumunan, Polres Tulungagung Libatkan Saksi Ahli

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya