Pemkot Surabaya Akhirnya Buka Peta Virus Corona, DPRD Lega

Agar masyarakat bisa tahu hingga tingkat bawah

Surabaya, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Surabaya mendukung upaya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam membuka peta sebaran Covid-19 hingga tingkat kelurahan. Dengan peta ini, masyarakat dinilai bisa lebih sadar dengan lingkungannya hingga turut mencegah penyebaran virus corona.

1. DPRD apresiasi Risma yang buka peta sebaran virus corona

Pemkot Surabaya Akhirnya Buka Peta Virus Corona, DPRD LegaWali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono. Awi, sapaan akrabnya, lega ketika Pemkot Surabaya memutuskan untuk membuat peta sebaran tersebut. Setelah sebelumnya, Pemkot Surabaya tak kunjung membuat padahal daerah lain sudah seperti Malang.

“Data penyebaran itu sekaligus memberi panduan dan kepastian: kelurahan mana yang masih bebas, kelurahan mana yang ada warga ODP dan PDP, serta kelurahan yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Awi, Selasa (24/3).

2. Masyarakat bisa turut mencegah Covid-19 di tingkat keluarga

Pemkot Surabaya Akhirnya Buka Peta Virus Corona, DPRD LegaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Awi, dengan dibukanya peta ini maka masyarakat akan bisa lebih peka terhadap lingkungannya jika sudah terjangkit. Kewaspadaan pun akan meningkat hingga ke tatanan keluarga.

“Masyarakat bisa turut aktif menjaga keluarga, sanak saudara dan lingkungan masing-masing. Hidup sehat, serta batasi keluar rumah,” tuturnya.

3. Meminta wilayah yang belum terjangkit agar patuhi imbauan pemerintah

Pemkot Surabaya Akhirnya Buka Peta Virus Corona, DPRD LegaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara untuk wilayah yang tidak terjangkit, Awi meminta agar masyarakat tidak meremehkan virus corona begitu saja. Pasalnya virus ini penularannya begitu cepat. Ia berharap agar masyarakat tetap #DiRumahAja atau menjaga social distancing.

“Taati seluruh seruan pemerintah dan aparat keamanan. Untuk sementara waktu, masyarakat jangan melakukan kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan orang,” tegasnya.

Baca Juga: Ingin Merata, Risma Semprot Disinfektan ke Kota Surabaya dengan Drone

4. DPRD sempat mendesak Risma membuka peta sebaran virus corona

Pemkot Surabaya Akhirnya Buka Peta Virus Corona, DPRD LegaWali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat mencoba terowongan sterilisasi, Sabtu (21/3). IDN Times/Fitria Madia

Sebelumnya DPRD Kota Surabaya mendesak agar Risma membuka peta sebaran Covid-19 di Surabaya. Pasalnya selama ini, mereka sendiri pun tidak mengetahui di mana saja wilayah Surabaya yang terjangkit virus corona.

"Hal ini untuk membedakan mana saja daerah yang masih bisa dikunjungi dan harus dihindari, ini untuk keselamatan warga surabaya dan untuk mengamanakan kepentingan yang lebih besar,” ujar Anggota Komisi D DPRD Surabaya Ibnu Shobir, Senin (23/3).  

Baca Juga: "Bu Risma" Trending, Warganet Apresiasi Upaya Risma Cegah Corona

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya