Erupsi Gunung Semeru Berdampak pada Layanan Seluler Warga

Telkom mengalami kerusakan infrastruktur

Surabaya, IDN Times - Rusaknya infrastruktur akibat erupsi Gunung Semeru juga berimbas pada layanan telekomunikasi PT Telkom Indonesia. Alhasil, konektivitas warga dan para petugas di sekitar area terdampak erupsi pun terganggu. Saat ini Telkom berusaha untuk memulihkan layanan mereka segera.

1. Fiber optik sempat putus karena jembatan ambruk

Erupsi Gunung Semeru Berdampak pada Layanan Seluler WargaIlustrasi kabel fiber optik. (Pixabay.com/blickpixel)

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono menjelaskan bahwa fiber optik Telkom terputus dikarenakan rusaknya Jembatan Gladak Perak, Kabupaten Lumajang imbas dari erupsi Gunung Semeru. Pihaknya pun sudah melakukan rerouting untuk link ruas jaringan yang putus Lumajang-Malang menggunakan rute lainnya.

"Sementara Sentral Telepon Otomat dan alat produksi lainnya kami pantau juga dalam kondisi aman," ujar Pujo, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Erupsi Gunung Semeru, Pasokan BBM dan LPG di Lumajang Aman

2. Layanan belum bisa normal karena listrik mati

Erupsi Gunung Semeru Berdampak pada Layanan Seluler WargaIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski solusi untuk fiber optik putus telah ditemukan, namun layanan telekomunikasi masyarakat sekitar area Gunung Semeru belum bisa optimal. Hal ini dikarenakan masih padamnya catuan listrik di wilayah sekitar gunung.

"Saat ini kami terus melakukan pengecekan dan mempercepat pemulihan layanan jika memang ditemukan adanya perangkat jaringan yang terdampak atau terkendala catuan listrik," tuturnya.

3. Pastikan layanan segera pulih

Erupsi Gunung Semeru Berdampak pada Layanan Seluler WargaIDN Times/Paulus Risang

Pujo memastikan bahwa pihaknya akan terus mencari solusi agar konektivitas masyarakat melalui TelkomGroup tetap terjaga dengan baik. Ia juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk memberikan bantuan kepada para pengungsi.

"Mari berdoa, semoga masyarakat yang berada di Lumajang dan sekitarnya diberikan keselamatan serta bencana ini bisa segera berlalu," pungkasnya.

Baca Juga: Sulit Tidur, Pengungsi Erupsi Semeru Alami Pusing hingga Gatal-gatal

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya