Comscore Tracker

Bicara di Forum Perempuan di Turki, Presiden Erdogan Puji Risma

Ia sebut Risma adalah perempuan inspiratif

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menuai pujian atas presentasinya dalam sebuah forum di Turki. Risma dianggap sebagai perempuan inspiratif dan disanjung secara terbuka oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

1. Presiden Erdogan puji Risma sebagai perempuan inspiratif

Bicara di Forum Perempuan di Turki, Presiden Erdogan Puji RismaWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat berada di Turki. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Risma menjadi pembicara dan tamu kehormatan dalam acara International Forum of Women in Local Government di Ankara, Turki pada 11-12 Desember 2019. Di acara tersebut, Erdogan mengatakan bahwa Risma diterbangkan jauh-jauh dari Surabaya untuk menginspirasi perempuan-perempuan Turki agar dapat berdaya.

"Perempuan-perempuan inspiratif seperti Risma dari Surabaya, Indonesia, menambah keyakinan kita bahwa perempuan harus dilibatkan dan diajak bicara dalam proses pembangunan," ujarnya seperti yang ditulis dalam siaran pers Humas Pemkot Surabaya, Jumat (13/12).

2. Pemerintah Turki ingin Risma bagikan testimoni secara langsung

Bicara di Forum Perempuan di Turki, Presiden Erdogan Puji RismaWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mengecek kesiapan rumah pompa, Senin (2/12). Dokumentasi Humas Pemkot Surabaya

Duta Besar RI di Ankara Lalu Muhamad Iqbal menjelaskan, pemerintah Turki memang berusaha untuk mengundang Risma ke acara tersebut. Mereka ingin Risma membagi testimoninya sebagai pemerintah daerah dalam program pemberdayaan perempuan juga sebagai perempuan secara pribadi.

"Para pemimpin politik di Turki meminta bantuan saya menghadirkan Bu Risma. Sebuah kebanggaan jika perempuan Indonesia bisa menjadi inspirasi dan role model bagi kaum perempuan di negara lain,” ungkapnya.

Baca Juga: Diizinkan Khofifah ke Turki, Risma : Saya Akan Jaga Kepercayaan Ibu

3. Forum internasional diikuti 20 negara

Bicara di Forum Perempuan di Turki, Presiden Erdogan Puji RismaWali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat mengecek kesiapan rumah pompa, Senin (2/12). Dokumentasi Humas Pemkot Surabaya

Forum yang diikuti Risma merupakan upaya pengarustamaan peran perempuan di berbagai sektor di Turki. Pasalnya saat ini, dari 600 anggota parlemen Turki, hanya 103 orang perempuan. Sedangkan dari 1.389 jabatan wali kota, hanya sekitar 3 persen diduki oleh perempuan. Meski masih belum imbang, jumlah ini pun sudah meningkat di masa kepemimpinan Erdogan.

Forum kali ini, dihadiri oleh para tokoh perempuan dari sekitar 20 negara. Risma diundang sebagai tamu kehormatan karena dipandang berhasil sebagai Wali Kota Surabaya dan berhasil menjadi inspirasi bagi banyak perempuan, termasuk di Turki.

4. Risma bawa pulang perjanjian kerja sama

Bicara di Forum Perempuan di Turki, Presiden Erdogan Puji RismaWali Kota Surabaya, Tri Rismaharini lakukan aksi tanam pohon di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (30/11). Dok.IDN Times/Istimewa

Selain hadir sebagai pembicara dan tamu, kedatangan Risma membawa pulang kerja sama dengan pemerintah setempat. Ia menandatangani letter of interest (LOI) atau perjanjian minat dengan Pemerintah Kota Gaziantep, Turki. Komitmen kerja sama itu ditandatangani langsung oleh Risma dengan Wali Kota Gaziantop Fatma Sahin, dan disaksikan langsung oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Kerja sama tersebut meliputi tiga bidang yaitu bidang promosi budaya dan pariwisata, pengembangan ekonomi kreatif, serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia. Ketiga bidang itu dipilih lantaran Surabaya dan Kota Gaziantop memiliki banyak kesamaan. Salah satunya memiliki kesamaan mengembangkan ekonomi lokal melalui Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Ada banyak kesamaan Surabaya dengan Kota Gaziantep, salah satunya mengembangkan ekonomi lokal, sehingga kami kira ini cocok,” jelas Risma.

Baca Juga: Risma: Sejak Diambil Alih Pemprov, Banyak Siswa SMA/SMK Putus Sekolah

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya