Comscore Tracker

Wabah PMK Serang Sapi Jatim, Mentan: Isolasi Lokal

Padahal, penularannya capai 3 km lewat udara

Surabaya, IDN Times - Ribuan sapi dan kerbau di empat kabupaten di Jawa Timur (Jatim) terkonfirmasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Antara lain di Lamongan, Gresik, Sidoarjo dan Mojokerto. Kendati begitu, Kementerian Pertanian (Kementan) enggan menetapkan status darurat wabah.

1. Tak berbahaya bagi manusia, tak perlu lockdown se-kabupaten

Wabah PMK Serang Sapi Jatim, Mentan: Isolasi Lokal

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa PMK tidak menular pada manusia. Hanya menular ke sesama hewan ternak, seperti sapi, kerbau, kambing, domba, kuda hingga babi. Merujuk hal tersebut, menurut dia tidak perlu lockdown di suatu kabupaten yang ternaknya terjangkit PMK.

"Tidak berbahaya pada manusia, tidak ada penularan pada manusia," ujarnya usai rapat koordinasi di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (9/5/2022).

Baca Juga: Demam Tinggi Jadi Tanda Hewan Terjangkit Virus PMK

2. Rekomendasikan isolasi lokal, karena penularannya kontak langsung dan airbone

Wabah PMK Serang Sapi Jatim, Mentan: Isolasi LokalIlustrasi Peternakan Sapi Perah (IDN Times/Shemi)

Syahrul merekomendasikan supaya ada isolasi pada tingkat lokal untuk menghentikan penyebaran PMK ke ternak lainnya. Misalnya, bila ada ternak di satu desa yang terjangkit maka diisolasi. Seluruh ternak di desa tersebut juga dicek, apabila positif PMK ikut diisolasi, jika negatif segera dipisahkan kandangnya sejauh mungkin.

"Karena mutasinya melalui kontak langsung (sesama hewan) atau airbone kurang lebih bisa 3 kilometer," kata dia.

3. Gubernur sebut isolasi berbasis kandang

Wabah PMK Serang Sapi Jatim, Mentan: Isolasi LokalGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat apel siaga kesiapaan bencana, Senin (23/11/2020). Dok. Humas Pemprov Jatim.

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa isolasi dan karantinanya pada ternak yang terinfeksi PMK berbasis kandang. "Jika ada yang symptomatic atau gejalanya, diminta untuk tidak dibawa keluar kandang," kata dia. Penanganan bagi yang positif pun langsung diobati dengan cara diobati. Dia menyebut bahwa sapi perlu disuntik hingga tiga kali.

Baca Juga: Berstatus Wabah PMK, Pasar Hewan 4 Kabupaten Ditutup Sementara

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya