Unik! Tes SKD CPNS Ini Mirip Squid Game

Agar peserta lebih rileks dan terhibur

Surabaya, IDN Times - Apa jadinya jika panitia Squid Game ikut menjaga pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)? Nah, hal itu terjadi di SKD Formasi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Rabu (20/10/2021).

1. Nuansa Squid Game bikin peserta senang

Unik! Tes SKD CPNS Ini Mirip Squid GameTes SKD CPNS Kemenkumham Jatim bernuansa Squid Game. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Sejak peserta masuk Untag, langsung disajikan penjagaan layaknya di film serial Netlfix. Peserta yang menunggu di halaman depan diarahkan untuk menghadap ke arah Graha Widya. Tak berselang lama, sirine pun berbunyi. Dari dalam Graha Widya, muncul lima pink soldier. Karakter penjaga dalam film besutan Hwang Dong-Hyuk itu.

Backsound mencekam khas film Squid Game itu turut mengiringi pink soldier menghampiri para peserta. Kelima pink soldier yang bertugas dilengkapi juga dengan senjata laras panjang. Bukannya takut, para peserta ujian justru takjub dan memberikan applaus meriah.

"Seru banget, bikin seneng," ujar Aini Sholikah, salah satu peserta.

Baca Juga: Boneka Squid Game di Surabaya Dibongkar Satpol PP

2. Ingin berikan seleksi CPNS yang tidak monoton

Unik! Tes SKD CPNS Ini Mirip Squid GameTes SKD CPNS Kemenkumham Jatim bernuansa Squid Game. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono mengatakan, pihaknya memang ingin menciptakan suasana yang berbeda dalam seleksi CPNS. Agar tidak monoton, pihaknya menentukan tema berbeda setiap harinya. Di hari ke-12 ini, panitia tampil kekinian dengan tema Squid Game.

"Kami ingin membuat peserta lebih rileks dan bahagia," ujar Krismono.

3. Ada kemiripan Squid Game dengan tes CPNS

Unik! Tes SKD CPNS Ini Mirip Squid GameTes SKD CPNS Kemenkumham Jatim bernuansa Squid Game. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Pria kelahiran Yogyakarta itu menjelaskan Squid Game dipilih karena ada kemiripan antara permainan asal Korea Selatan itu dengan seleksi CPNS. Peserta harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan. Orang yang bertahan sampai akhir akan mendapat hadiah.

"Dalam hal ini, bagi yang sukses akan diangkat menjadi CPNS Kemenkumham," katanya. "Bedanya, Squid Game diikuti orang-orang putus asa, sedangkan seleksi CPNS diikuti masyarakat yang penuh semangat dan optimisme," dia menambahkan.

Sekadar diketahui, jumlah peserta SKD Kemenkumham dari Jatim sebanyak 26.435 orang. Formasi penjaga tahanan laki-laki 278, diperlukan untuk SKB 834 orang dan perempuan 56, diperlukan untuk SKB 168 orang. Kemudian formasi pemeriksa keimigrasian laki-laki sebanyak 2, diperlukan untuk SKB 6 orang serta perempuan 4, diperlukan untuk SKB 12 orang.

Baca Juga: Ada Boneka Squid Game di Jalan Tunjungan, Cari Peserta Lomba?

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya