Tiga Model Belajar Bagi Siswa SLB di Jatim Selama Pandemik

Ketiga opsi dinilai sudah bisa membantu siswa difabel

Surabaya, IDN Times - Berbagai upaya dilakukan agar siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Jawa Timur (Jatim) tetap mendapatkan pendidikan selama pandemik COVID-19. Kabid Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK) Dinas Pendidikan Jatim, Suhartono menerapkan tiga model.

1. Ada tiga model pembelajaran

Tiga Model Belajar Bagi Siswa SLB di Jatim Selama PandemikIlustrasi kegiatan belajar mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Suhartono mengatakan, model pertama sama dengan siswa di jenjang sekolah lainnya yaitu sistem daring. Kedua, orangtua atau wali murid datang ke sekolah dan ketiga, guru datang ke rumah siswanya atau lebih dikenal home visit. Tiga sistem pembelajaran ini diterapkan berdasarkan hasil evaluasi Musyawarah Kerja Kepala Sekola (MKKS) se-Jatim dan pengawas pendidikan khusus di Jatim.

"Jadi orangtua bisa memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan anak-anaknya. Jika menggunakan sistem daring, maka peran guru yang didorong untuk membuat model pembelajaran inovatif sesuai kemampuan anak," ujarnya dalam pembukaan webinar series program PKPLK, Senin (10/8/2020).

2. Jika opsi satu tidak bisa, gunakan opsi dua dan tiga

Tiga Model Belajar Bagi Siswa SLB di Jatim Selama PandemikSuasana di Sekolah Luar Biasa Karya Ibu Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Apabila dalam penerapan sistem daring wali murid terkendala sarana berupa ponsel, laptop atau sambungan internet, maka bisa memilih opsi kedua. Orangtua datang ke sekolah untuk mengambil materi siswa untuk pembelajaran mandiri.

"Jka merasa khawatir dengan adanya COVID-19 atau kesulitan dalam pembelajaran siswanya karena hambatan tertentu, guru bisa mendatangi rumah siswa yang betul-betul tidak bisa hadir kesekolah untuk dilakukan pendampingan selama pembelajaran," kata Suhartono.

Baca Juga: COVID-19 Masih Merajalela, Jatim Uji Coba Sekolah Tatap Muka

3. Ketida metode itu dinilai mampu memfasilitasi

Tiga Model Belajar Bagi Siswa SLB di Jatim Selama Pandemik(Ilustrasi pendidikan) IDN Times/Arief Rahmat

Tiga model pembelajaran itu, lanjut Suhartono, dinilai mampu memfasilitasi pembelajaran siswa berkebutuhan khusus selama masa pandemi. Controling guru juga terus dilakukan yang melibatkan pengawas. "Ini ada laporan. Jadi apa yang dilakukan oleh guru dan siswa setiap akhir bulan ini dilakukan laporan," ucapnya.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Pemerintah Siap Tes COVID-19 di Sekolah-Sekolah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya