Satgas Sebut Jatim Bebas Zona Merah COVID-19

Empat daerah yang sempat zona merah sudah jadi zona oranye

Surabaya, IDN Times - Satgas Penanganan COVID-19 merilis peta risiko penyebaran virus SARS CoV-2 terbaru. Hasilnya, Jawa Timur (Jatim) dinyatakan bebas dari zona. Empat daerah tersisa, Kabupaten Probolinggo, Banyuwangi, Lumajang dan Kota Mojokerto yang sebelumnya merah kini berwarna oranye atau tingkat penularan sedang.

"Iya benar 38 kabupaten/kota di Jatim kini tidak ada yang zona merah," ujar anggota Satgas Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, dr Makhyan Jibril dikonfirmasi, Selasa (6/10/2020).

1. Sebanyak 28 daerah zona oranye, 10 zona kuning

Satgas Sebut Jatim Bebas Zona Merah COVID-19Arief Rahmat

Berdasarkan data tersebut, sekarang ini ada 28 kabupaten/kota yang berstatus zona oranye. Sementara 10 kabupaten/kota tersisa masuk zona kuning atau tingkat penularannya rendah. "Penilaian zonasi prinsipnya dilakukan secara independen oleh Satuan Gugus Tugas COVID-19 pusat berdasarkan 15 Indikator Epidemiologis," kata dr. Jibril.

2. Ada 15 komponen yang jadi indikator

Satgas Sebut Jatim Bebas Zona Merah COVID-19IDN Times/Arief Rahmat

dr. Jibril menjelaskan, beberapa kompenen-kompenen yang dinilai untuk penentuan zonasi untuk peta risiko ialah penambahan kasus, kenaikan kematian, positivity rate, rate of transmission serta kecukupan bed di rumah-rumah sakit.

"Alhamdulillah Jawa Timur menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan dalam 15 Indikator tersebut sehingga tidak ada lagi zona merah," ucap dia.

3. Faktor disiplin protokol kesehatan dan 3 T

Satgas Sebut Jatim Bebas Zona Merah COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)


Bebasnya Jatim dari zona, lanjut dr. Jibril, tentunya ini tak lepas dari upaya untuk menegakkan protokol kesehatan yang lebih masif. Bukan hanya memberikan hukuman bagi pelanggar protokol tetapi juga reward atau hadiah bagi yang disiplin.

"Di samping itu juga diikuti dengan upaya 3T (tracing, testing dan treatment) yang terus naik. Sehingga penyebaran COVID-19 menurun dan kasus aktif di Jatim merupakan terendah dibandingkan provinsi besar lainnya di Jawa," jelas dia.

Sekadar diketahui, sekarang ini sudah 976.771 jumlah rapid test yang dilakukan Jatim. Sedangkan untuk tes swab, 370.107 sampel yang telah diperiksa PCR. Jumlah mesin PCR 53 unit dan TCM 23 unit. Kapasitas testing harian 4.000-5.349.

Baca Juga: Zona Merah Berkurang, Tapi Zona Oranye Naik Jadi 237 Kabupaten/Kota 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya