RSUD dr. Soewandhie Laporkan Pegawainya Sendiri ke Polisi

Lho, kenapa?

Surabaya, IDN Times - RSUD dr Soewandhie Surabaya melaporkan pegawainya sendiri. Pria berinisial ZA yang merupakan pegawai kebersihan atau cleaning service itu diduga mencuri limbah medis berupa safety box berisi jarum suntik untuk dibuang sembarangan.

Kejadian ini bermula dari petugas sanitasi yang menemukan limbah medis tersebut di TPS Tambak Rejo Surabaya pada pukul 13.15 WIB, Senin (14/8/2023). "Kemudian mereka mengatakan bahwa ini (kemasan berisi safety box) adalah sampah RSUD dr M Soewandhie," ujar Dirut RSUD dr Soewandhie, dr Billy Daniel Mesakh, Kamis (31/8/2023).

Mendapat informasi temuan sampah medis di TPS Tambak Rejo, petugas sanitasi lantas melaporkan kejadian tersebut kepada Kabag Umum dan Keuangan RSUD dr Soewandhie. "Kabag Umum dan Keuangan kemudian memerintahkan agar membawa bukti safety box yang ada di TPS Tambak Rejo ke rumah sakit untuk dijadikan barang bukti laporan ke Kepolisian," kata dr. Billy.

Lebih lanjut, manajemen rumah sakit melakukan penelusuran dengan mengecek ke petugas laboratorium. "Ternyata safety box (sampah medis) dikumpulkan di Depo (area lab) sekitar pukul 09.00 WIB," kata dr Billy.

Pihak sanitasi melakukan pengecekan ke petugas di TPS LB3 area Lab RSUD dr Soewandhie. "Ternyata di saat itu tidak ada pengambilan dan ini dibuktikan pada register pencatatan kosong," sebut dr. Billy.

Petugas sanitasi kemudian berkoordinasi dengan petugas IT untuk melihat rekaman CCTV kegiatan di sekitar area terdekat dengan Depo LB3 Lab RSUD dr Soewandhie pada pukul 09.00-13.00 WIB. "Hasil pantauan CCTV menunjukkan adanya kejanggalan pergerakan seorang petugas rumah sakit pada pukul 10.24 WIB," kata dia.

"Petugas itu terlihat membawa kantong plastik hitam menuju tempat penyimpanan troli sampah," ungkap dr. Billy. Dari rekaman CCTV juga terlihat, pada pukul 10.26 WIB, petugas rumah sakit itu membawa troli sampah berwarna hijau tanpa membawa kantong plastik hitam yang dibawa sebelumnya.

Dengan mengikuti jalur menuju ke pintu lobi, petugas itu terlihat dari CCTV belok kiri dan berputar arah ke kanan menuju halaman IGD. Setelah itu, pergerakan dari karyawan tersebut tidak lagi terpantau CCTV. "Akhirnya pada tanggal 16 Agustus 2023, RSUD dr M Soewandhie melaporkan kejadian ini ke Polsek Simokerto Surabaya," katanya.

Sebelum kasus ini dilaporkan pada kepolisian, pihaknya telah memanggil pria berinisial ZA yang diduga mengambil limbah rumah sakit. Namun demikian, saat ditanya, pegawai cleaning service itu tidak mengakui perbuatannya. "Kita sudah panggil yang bersangkutan untuk diberikan pembinaan. Kita tanyakan ke bersangkutan juga apa ada permasalahan, namun dia tidak mau mengaku. Akhirnya kita melaporkan kasus ini ke Kepolisian," pungkasnya. 

Baca Juga: Viral! Limbah Medis Bertulis HIV Dibuang Sembarangan di TPS Bangkalan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya