Comscore Tracker

Risma Jadi Jurkam Eri-Armuji, MA-Mujiaman Gandeng Advokat Surabaya

Siapa yang akan bisa merebut hati warga Kota Pahlawan?

Surabaya, IDN Times - Dua pasangan calon (paslon) di Pilkada Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno terus berlomba-lomba merebut hati warga Kota Pahlawan. Mereka pun menerapkan strategi kampanye berbeda.

1. Risma dipastikan jadi jurkam Eri-Armuji

Risma Jadi Jurkam Eri-Armuji, MA-Mujiaman Gandeng Advokat SurabayaWali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat mencoba menaiki mobil Lamborghini di Balai Kota Surabaya, Sabtu (19/9/2020). IDN Times/Fitria Madia

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDIP Surabaya, Anas Karno mengatakan bahwa Eri-Armuji akan ditunjang Ketua DPP PDIP, Tri Rismaharini secara langsung. Perempuan yang juga menjabat Wali Kota Surabaya itu disebutnya bersedia menjadi juru kampanye bagi paslon nomor urut 1 tersebut.

"Insyaallah beliau (Risma) nanti menjadi juru kampanye bagi Mas Eri Cahyadi dan Cak Armuji," ujarnya dikonfirmasi, Senin (28/9/2020).

2. Tatap optimis dulangan suara dari loyalis Risma

Risma Jadi Jurkam Eri-Armuji, MA-Mujiaman Gandeng Advokat SurabayaCalon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat berdoa bersama para kiai, Minggu (27/9/2020). IDN Times/Dok. Istimewa

Anas melihat, suara duet mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) dan mantan Ketua DPRD Kota Surabaya itu makin kuat jika Risma sudah turun gunung. Dia menilai, wali kota dua periode itu memiliki pendukung loyal dari masyarakat yang sudah merasakan perubahan di Surabaya.

"Warga Surabaya sudah bisa merasakan perubahan di Surabaya. Bu Risma punya andil besar di situ," Anas menegaskan.

Baca Juga: Bentuk Tim Independen COVID-19, Pemkot Surabaya Awasi Tahapan Pilkada

3. Machfud-Mujiaman gandeng advokat Surabaya

Risma Jadi Jurkam Eri-Armuji, MA-Mujiaman Gandeng Advokat SurabayaBacawali-bacawawali Kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman jalani tes kesehatan, Jumat (18/9/2020). IDN Times/Dok Istimewa

Di sisi lain, pasangan Machfud-Mujiaman menguatkan dukungan ke berbagai kalangan. Terbaru, paslon nomor urut 2 itu mendapatkan suntikan dukungan dari beberapa advokat Surabaya. Machfud menyambut hangat dukungan ini, apalagi para advokat pendukung siap memberikan bantuan hukum.

“Ini bukan sekadar dukungan tapi menjadi tim advokasi saya kalau menghadapi persoalan hukum, pasti ada yang melaporkan dan dilaporkan sampai gugatan di MK. Kami antisipasi saja, langkah awal dapat suara dari sini, kedua untuk bila ada persoalan hukum sejak dini saya persiapkan itu antisipasi,” ujarnya saat di Hotel Mercure Surabaya, Senin (28/9/2020).

4. Para advokat siap beri bantuan hukum dan awasi kinerja KPU serta Bawaslu

Risma Jadi Jurkam Eri-Armuji, MA-Mujiaman Gandeng Advokat SurabayaBakal Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin (kiri) dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya Mujiaman Sukirno saat mendaftar ke KPU, Minggu (6/9/2020). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, Ketua Tim Advokasi Hukum pasangan nomor urut 2, Pantas Sitindaon mengatakan, para advokat menyatakan kesediaannya membantu pendampingan hukum jika nantinya ada polemik pada pilkada. Mereka juga siap memantau kinerja penyelenggara pemilu. Yakni KPU dan Bawaslu.

"Tim akan buka posko pengaduan dari pendukung, kemudian menindaklanjuti laporan dengan mekanisme yang sudah ditentukan dalam Undang-Undang. Kalau timbul gugatan tim siap mempertahankan hak MA dan Mujiaman,” pungkasnya.

Baca Juga: Gugus Tugas Surabaya Pastikan Pantau Terus Kegiatan Pilkada 2020

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya