Ribuan Personel Gabungan Polisi dan TNI Siap Amankan Pemilu 2019

Polisi dan TNI siapkan pendekatan model cangkrukan

Surabaya, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) bersama Kodam V Brawijaya kompak saling bersinergi untuk menjaga kondusifitas Jatim. Hal ini dilakukan karena sudah memasuki masa kampanye Pemilu 2019. 

Baca Juga: Polda Jatim Siapkan 118 ribu Personel Jelang Pemilu 2019

1. Polri-TNI tak hanya jaga keamanan, tapi juga dekati masyarakat

Ribuan Personel Gabungan Polisi dan TNI Siap Amankan Pemilu 2019Dok. IDN Times/ Istimewa

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, kerja sama Polri dan TNI untuk pengamanan di tahun politik dilakukan melalui Operasi Mantap Brata. Operasi ini, tak hanya fokus pada pengamanan saja, tapi juga melakukan pendekatan ke masyarakat yang dikemas dalam cangkrukan

"Seperti dengan TNI, ya itu di rumahnya Panglima yaitu cangkrukan, dan ini akan dilanjutkan terus. Saya datang ke pasukan-pasukan, saya membawa Panglima. Nanti, saya ikut dengan Panglima ke batalion-batalion yang ada di wilayah Jatim," ujarnya seusai memimpin apel persiapan pasukan di Mako Brimob Subden 2 A Tandes, Surabaya, Rabu (3/10).

2. Kapolda Jatim imbau personelnya tak terpengaruh info hoaks

Ribuan Personel Gabungan Polisi dan TNI Siap Amankan Pemilu 2019Dok. IDN Times/ Istimewa

Irjen Pol Luki Hermawan mengingatkan, personelnya selalu mengecek informasi yang beredar. Menurutnya, saat kampanye di tahun politik ini sangat rawan beredar informasi hoaks. "Anggota tetap jaga emosional, jangan sampai terpancing maupun ada benturan-benturan dengan TNI, maupun masyarakat. Anggota harus bisa menghentikan berita yang sifatnya hoaks dan bila ini ditemukan segera laporkan kepada pimpinan," imbaunya.

3. Sebanyak 1.700 personel siap diturunkan

Ribuan Personel Gabungan Polisi dan TNI Siap Amankan Pemilu 2019Dok. IDN Times/ Istimewa

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya, Meyjen TNI Arif Rahman telah menyiapkan personel untuk membantu Polri. Pasukannya akan disebar dan disiagakan dalam zona yang telah ditetapkan. "Kekuatannya 2/3 dari jumlah Polda Jatim yang dikerahkan sekitar 16.000 sampai 17.000 satuan TNI yang dilibatkan dalam pengamanan pemilu ini. Kami siapkan di wilayah-wilayah. Para Dandim, para Kapolres, dan gabungan sudah menyatakan wilayah-wilayah mana yang akan ditempatkan pasukan" pungkasnya.

Baca Juga: Gelar Deklarasi Kampanye Damai, KPU Jatim Sebut Nilai Partisipasi Naik

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya