PKB Lirik Gus Ipul untuk Pilkada Kota Pasuruan

Jika mau akan berpasangan dengan Golkar

Surabaya, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) periode 2009-2019, Saifullah Yusuf dikabarkan akan "turun kursi" untuk mengikuti konstestasi Pilkada Kota Pasuruan. Salah satu partai politik (parpol) yang sedang berkomunikasi dengan Gus Ipul-sapaan akrabnya- ialah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

1. Lirik Gus Ipul berdasarkan aspirasi kiai

PKB Lirik Gus Ipul untuk Pilkada Kota PasuruanWakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah saat di Kantor PWNU Jatim, Selasa (12/11). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Anik Maslachah membenarkan kalau pihaknya melirik Gus Ipul untuk menjadi gaco di Pilkada Pasuruan pada 9 Desember 2020. Hal tersebut berdasarkan aspirasi para kiai di Jatim dan kawasan Pasuruan.

"PKB sudah merespons aspirasi para kiai yang menghendaki GI (Gus Ipul) melakukan percepatan pembangunan di Kota Pasuruan," ujarnya tertulis kepada IDN Times, Rabu (12/8/2020).

2. Keputusan ada di tangan Gus Ipul

PKB Lirik Gus Ipul untuk Pilkada Kota PasuruanGus Ipul. IDN Times/Fitria Madia

Gus Ipul, lanjut Anik, dinilai memiliki pengalaman yang matang untuk bisa membangun kota dengan julukan sejuta santri itu. Pihaknya kini menyerahkan penuh keputusan kepada pria yang juga menjabat Ketua PBNU itu. "Bola ada di tangan GI (Gus Ipul)," ucapnya.

"Iya (rekom belum fiks), intinya nunggu kesanggupan GI (Gus Ipul)," Anik menambahkan.

Baca Juga: Positif COVID-19, 19 Pegawai Dispendukcapil Kota Pasuruan Diisolasi

3. Jika bersedia, Gus Ipul akan digandengkan dengan calon dari Golkar

PKB Lirik Gus Ipul untuk Pilkada Kota PasuruanGus Ipul. IDN Times/Fitria Madia

Meski menunggu, PKB memberikan batas waktu hingga minggu ini untuk kesediaan Gus Ipul. Apabila dia menerima pinangan, rencananya cucu pendiri NU, KH Bisri Syansuri itu akan dipasangkan dengan gaco Partai Golkar, Adi Wibowo sebagai calon wakil wali kota.

"Yang sudah terkomunikasikan ya dengan Golkar itu, Adi Wibowo," beber Anik.

Baca Juga: Resmi Jadi Gubernur, Khofifah Akan Akomodir Gagasan Gus Ipul

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya