Peserta Ibadah Dibatasi, Waisak di Surabaya Doakan Pandemik Selesai

Amiin

Surabaya, IDN Times - Perayaan Hari Raya Waisak di Vihara Buddhayana Dharmawira Center (BDC) Surabaya, Rabu (26/5/2021), berlangsung khidmat, . Umat Budha yang hadir tampak tidak membludak. Sebab, panitia memang membatasi kuota sebagai salah satu syarat di tengah pandemik COVID-19.

1. Ibadah bisa diikuti secara daring

Peserta Ibadah Dibatasi, Waisak di Surabaya Doakan Pandemik SelesaiUnsplash/Sorrawis Chongcharoen

Untuk memfasilitasi umat Budha lainnya, panitia penyelenggara juga menyediakannya secara daring sehingga bisa diikuti jarak jauh, atau dari rumah saja. Bagi yang datang langsung, mereka diwajibkan disiplin protokol kesehatan.

"Harus menerapkan prokes secara ketat," ujar Sekertaris Wilayah Sangha Agung Indonesia Wilayah Jawa Timur (Jatim) dan Bali, Biksu Dharma Maitri Mahathera.

2. Berdoa supaya pandemik COVID-19 cepat selesai

Peserta Ibadah Dibatasi, Waisak di Surabaya Doakan Pandemik SelesaiPerayaan Hari Raya Waisak di Vihara Buddhayana Dharmawira Center (BDC) Surabaya, Rabu (26/5/2021). Dokumentasi Buddhayana Dharmawira Center

Dalam ibadah kali ini, kata Dharma, para umat Budha tak henti-hentinya berdoa supaya COVID-19 cepat hilang dari muka bumi. Pihaknya juga berharap, tidak ada temuan yang terjangkit positif pascaperayaan Waisak di Surabaya.

"Diharapkan tidak menjadi-jadi, setelah perayaan nanti," kata dia.

Baca Juga: Perayaan Waisak di Candi Muarajambi Ditiadakan

3. Tema Wiasak usung kewaspadaan dan kepedulian

Peserta Ibadah Dibatasi, Waisak di Surabaya Doakan Pandemik SelesaiAFP PHOTO/Suryo Wibowo

Terkait tema Waisak tahun ini, 'Eling dan Waspada Membangun Kepedulian'. Dengan diangkatnya tema itu ditengah masa pandemik, diharapkan segenap umat Budha memiliki kepekaan sosial untuk membantu beban penderitaan masyarakat yang terkena dampak pandemik COVID-19.

"Harapannya, pandemik COVID-19 segera usai dan seluruh masyarakat bisa beraktivitas normal kembali," pungkasnya.

Baca Juga: Hari Raya Waisak 2021, Sebanyak 21 Napi Dapat Remisi Khusus

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya