Pertalite Kosong di Sejumlah SPBU di Jatim

Selama PPKM terjadi penurunan permintaan BBM

Surabaya, IDN Times - Sejumlah terminal pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) atau SPBU di Jawa Timur (Jatim) mengalami kekosongan Pertalite. Pihak Pertamina Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) mengonfirmasi bahwa kekosongan itu akibat penyesuaian selama PPKM Darurat-Level.

1. Permintaan Pertalite disebut turun selama PPKM

Pertalite Kosong di Sejumlah SPBU di JatimIlustrasi PPKM Mikro. Dokumen Pusat Informasi Nganjuk

Section Head Communication & Relations Pertamina Jatimbalinus, Arya Yusa Dwicandra mengatakan, berdasarkan informasi yang ia terima kalau sedang ada penyesuaian kebutuhan di lapangan. Sebab, selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) memang terjadi penurunan permintaan BBM jenis gasoline dan gasoil.

"Terutama Pertalite karena produk mayoritas yang konsumsinya paling besar saat ini di SPBU. Penurunan yang terjadi rata-rata 17 persen dari sebelum PPKM," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (4/8/2021).

2. Stoknya masih aman, tapi distribusinya yang disesuaikan karena PPKM

Pertalite Kosong di Sejumlah SPBU di JatimANTARA FOTO/Reno Esnir

Lebih lanjut, Arya menepis kalau habisnya BBM jenis Pertalite di sejunlah SPBU karena  sedang langka. Ia menegaskan bahwa stok Pertalite sampai sekarang ini masih aman. "Hanya memang proses penyalurannya yang mungkin dalam tahap penyesuaian," tegasnya.

Baca Juga: Yuk Hafalkan Teks Proklamasi! Kamu Bisa Dapat Pertalite Gratis di Tanggal 17 Agustus Nanti

3. Konsumen diminta proaktif

Pertalite Kosong di Sejumlah SPBU di JatimOperator SPBU mengisi BBM pada mobil saat perkenalan kepada konsumen program baru layanan pesan antar BBM Pertamina di SPBU Coco, Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/12). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Tak lupa, Arya juga berpesan kepada para konsumen untuk segera melapor ke layanan Pertamina jika menemui kejanggalan seperti habisnya Pertalite di beberapa SPBU. Pertamina berjanji akan segera memenuhi kebutuhan yang dilaporkan.

"Kami mohon bantuan juga kepada konsumen untuk dapat melapor ke kontak pertamina 135  untuk menginfokan SPBU atau daerah mana yang ada permasalahan tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Katanya Sayang Sama Motor, Kok Belinya Pertalite? 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya