Persaingan Bacawapres Kian Ketat, Sandiaga Kian Dekat dengan Ganjar

Berdasarkan survei SRS sih!

Surabaya, IDN Times - Surabaya Research Syndicate (SRS) menggandengkan sejumlah nama Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) untuk Bakal Calon Presiden (Bacapres). Salah satunya terkait nama Bacawapres yang ideal untuk Ganjar Pranowo menurut warga Jawa Timur (Jatim).

Direktur Riset SRS, Edwin Abdul menyebut responden warga Jatim memilih Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Bacawapres paling ideal untuk Ganjar Pranowo. "Hasil survei SRS menempatkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai cawapres paling ideal dan paling tepat untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024," ujar Edwin melalui zoom, Selasa (15/8/2023).

Dalam survei SRS, sebanyak 19,2 persen responden di Jatim menginginkan Sandiaga sebagai Cawapres Ganjar Pranowo. Kemudian 15,4 persen responden memilih nama Ridwan Kamil sebagai Cawapres Ganjar.

Kemudian, 11,5 persen responden memilih Erick Thohir sebagai Cawapres Ganjar, Susi Pujiastuti 10,8 persen, Yenny Wahid 8,9 persen, Andika Perkasa 6,7 persen, Puan Maharani 4,2 persen, Basuki Hadi 3,9 persen, Nassarudin Umar 2,8 persen. Sebanyak 16,6 persen responden belum memilih.

Menurut Abdul, peluang Sandiaga menjadi cawapres Ganjar semakin besar semenjak PPP mendeklarasikan Ganjar dan Sandiaga bergabung dalam partai berlambang Ka'bah tersebut. "Satu-satunya partai parlemen di luar PDIP yang mendukung Ganjar adalah PPP dan secara resmi sudah berkoalisi dengan PDIP," kata dia.

"PPP menawarkan Sandiaga cawapres yang secara otomatis Sandiaga paling berpeluang menjadi cawapres Ganjar," ucapnya menjelaskan.

Abdul menambahkan bergabungnya Sandiaga ke PPP juga memperkuat identitasnya sebagai representasi religius. Selama ini, duet nasionalis-religius mendapat respons baik dari masyarakat, terutama Jatim yang banyak didominasi warga Nahdliyin.

Survei SRS kali ini dilakukan 2 - 11 Agustus 2023 di seluruh kabupaten/kota di Jatim. Jumlah sampel sebesar 1000 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (multistage random sampling).

Margin of error +/- 3,1 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara via telepon oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.

Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan. Quality control terhadap hasil wawancara petugas lapangan dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh para supervisor SRS dengan cara menghubungi responden terpilih.

Baca Juga: Sandiaga Uno Buka Suara soal Isu Batal Jadi Cawapres Ganjar 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya