Melawan Saat Diadang, Tiga Curanmor Ditembak Mati di Surabaya

Mereka ditembak di kawasan Perumahan Dharmahusada Indah

Surabaya, IDN Times - Tiga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) asal Jember berinisial Idris Efendi (24), Sofyan (27), dan Susanto Efendi (37) ditembak mati oleh Tim Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya. Ketiganya ditembus peluru polisi saat akan mencuri sepeda motor di kawasan Perumahan Dharmahusada Indah, Surabaya, Sabtu (13/7).

1. Pelaku melawan saat dihadang dan ditembak oleh polisi

Melawan Saat Diadang, Tiga Curanmor Ditembak Mati di Surabaya

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran, mengatakan tiga pelaku ini sebenarnya sudah mencuri dua sepeda motor di Jojoran 1 Nomor 35 Surabaya sekitar pukul 02.30 WIB, Sabtu (13/7) dini hari. Kemudian saat akan melakukan pencurian di perumahan Darmahusada dihadang polisi.

"Ketika dihentikan 3 pelaku menyerang secara bersama sama dengan senjata tajam pisau penghabisan," ujar Sudamiran, Minggu (14/7).

2. Pelaku tewas saat perjalanan ke rumah sakit

Melawan Saat Diadang, Tiga Curanmor Ditembak Mati di SurabayaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Polisi mengambil tindakan untuk melumpuhkan pelaku dengan menembak di bagian dada. Saat pelaku sudah tidak berdaya, polisi pun membawanya ke RSUD dr Soetomo dan berniat menyelamatkan nyawanya.

"Kemudian setelah dapat dilumpuhkan dibawa ke RSUD dr Soetomo dalam perjalanan yang bersangkutan meninggal dunia," kata Sudamiran.

3. Pelaku beroperasi menggunakan mobil yang plat nomornya diplester

Melawan Saat Diadang, Tiga Curanmor Ditembak Mati di SurabayaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Terkait modus operandi pelaku, Sudamiran menyampaikan ketiganya kerap kali membawa mobil Cayla berplat nomor N. Tapi, plat itu ditutupi dengan plester supaya angka dan nomornya tidak teridentifikasi.

Nah, ketiganya ini selalu menyatroni rumah korbannya dan mengancam menggunakan senjata tajam. Sepeda motor yang dicuri pun tidak hanya satu, minimal dua sampai tiga sepeda motor.

"Tiga orang setelah turun pelaku karena pintu pagar tidak dikunci langsung masuk kemudian ambil sepeda motor," kata Sudamiran.

4. Ditemukan berbagai senjata tajam yang dibawa pelaku

Melawan Saat Diadang, Tiga Curanmor Ditembak Mati di SurabayaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain melumpuhkan pelaku, polisi juga menyita sejumlah barang bukti yang ditemukan di dalam mobil untuk beroperasi. Barang bukti itu kebanyakan senjata tajam.

"Ada celurit kemudian pemotong gembok, ada kunci T ada kunci kecil, gunting, beberapa alat yang digunakan melakukan kegiatan itu (pencurian)," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kendaraan dari Pencurian, Waspada yang Utama!

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya