Comscore Tracker

Khofifah Siapkan Pendanaan SPP dan Seragam SMA/SMK

Akan ada sumbangan dari Pemprov

Surabaya, IDN Times - Pendidikan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) masih menjadi polemik di Jawa Timur (Jatim). Gubernur Jatim yang baru dilantik, Khofifah Indar Parawansa nampaknya akan langsung mengambil langkah untuk mengatasi ini.

1. Berlaku untuk SMA/SMK

Khofifah Siapkan Pendanaan SPP dan Seragam SMA/SMKIDN Times/Ardiansyah Fajar

Khofifah mengatakan, bahwa Pemprov Jatim siap menggelontorkan dana untuk bisa menggratiskan SMA/SMK pada Juli 2019 nanti. Dia pun membeberkan teknisnya, yakni seperti sumbangan yang diberikan dengan nominal sama. Pembayaran tersebut, bergantung nominal SPP yang ditentukan di daerah tersebut.

"SPP gratis SMA SMK negeri dan swasta ini kan indeksnya tidak sama, tergantung dari kemahalan setempat," ujarnya saat di Gedung DPRD Jatim, Senin (18/2).

2. Penggratisan berupa sumbangan dari Pemprov

Khofifah Siapkan Pendanaan SPP dan Seragam SMA/SMKIDN Times/Fitria Madia

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini pun mencontohkan sumbangan dari pemprov senilai Rp150 ribu, lalu, SPP di Surabaya mencapai Rp200 ribu. Maka sisanya Rp 50 ribu menjadi tanggungan orang tua murid.

"Contohnya, Surat Edaran Gubernur di Surabaya menyebut SPP swasta di Surabaya itu Rp200 ribu katakan ternyata bantuan SPP dari Pemprov Rp150 ribu maka orang tua murid masih punya tanggungan Rp50 ribu," lanjutnya.

3. Juga ada seragam gratis

Khofifah Siapkan Pendanaan SPP dan Seragam SMA/SMKIDN Times/Vanny El Rahman

 

Tak hanya SPP, pemprov juga akan menggelontorkan seragam gratis untuk siswa SMA/SMK. Khofifah-Emil juga segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jatim. "Kan ada SMA SMK Negeri tertentu yang memang mereka tidak butuh itu, tapi atas nama keadilan hak mereka dapat," katanya.

Baca Juga: Minggu Pertama Jadi Gubernur Jatim, Khofifah Bersih-bersih Sungai

4. Berharap ada sister school

Khofifah Siapkan Pendanaan SPP dan Seragam SMA/SMKIDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain itu, Khofifah berharap ada sister school, yang mana sekolah yang merasa mampu bisa menyumbangkan seragamnya kepada sekolah lain yang membutuhkan.
"Seperti kami dapat ini, tapi kami tidak butuh kemudian kami akan menyerahkan kepada mungkin sekolah SMA/SMK yang mereka sepakat," pungkasnya.

Baca Juga: Lakukan Sertijab, Khofifah-Emil Janji Langsung Tancap Gas

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya