Khofifah Ajak Berobat Dalam Negeri, Ingin Wujudkan Medical Tourism

Banyak masyarakat yang pilih berobat ke luar negeri

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk berobat dalam negeri saja. Sebab, saat ini pelayanan kesehatan di dalam negeri khususnya Jatim terus ditingkatkan.

Ajakan ini didasari data yang dimilikinya, rata-rata per tahun Rp164 trilliun uang masyarakat Indonesia digunakan untuk berobat ke luar negeri. "Maka kami hari ini dengan meluncurkan enam program inovasi strategis RSUD Dr Soetomo untuk membangun top of mind masyarakat agar berobat dengan pelayanan terbaik dan advance cukup di Jawa Timur saja, di RSUD Dr Soetomo saja," ujar Khofifah.

"Tadi saya minta Kepala Dinkes Jatim untuk menghitung kalau khusus warga Jatim yang biasa berobat keluar negeri berapa. Itu yang harus menjadi target dari Soetomo setelah melaunching Revenue Center," dia menambahkan.

Bukan tanpa alasan, Khofifah menyebut bahwa rumah sakit berplat merah ini telah memiliki banyak sekali kualitas layanan yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif yang harus disampaikan kepada publik.

"Inilah pentingnya membangun top of mind masyarakat. Agar mereka percaya dan merasa mendapatkan pelayanan terbaik," kata dia.

Jika kualitas terus ditingkatkan, hal ini akan berseiring dengan rencana pemprov yang berusaha mengembangkan medical tourist di daerah. Hal ini dilakukan dengan membangun strong partnership dengan pihak lain.

Baca Juga: Fakta Dokter Spesialis di Jatim, Minim dan Tidak Merata

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya