Jelang Lebaran, Pemprov Dorong Peresmian Tol Pandaan-Malang

Kalaupun tak diizinkan diresmikan akan tetap difungsionalkan

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mendorong diresmikannya tol Pandaan-Malang jelang Idul Fitri 2019. Pemprov juga telah mengusulkannya kepada Presiden, Joko 'Jokowi' Widodo dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

"Namun demikian kalau Pak Presiden gak bisa, Pak menteri juga gak bisa, kami berharap bisa diresmikan oleh Bu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa)," ujar Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyo Hadi, Kamis (9/5).

1. Tetap akan difungsionalkan

Jelang Lebaran, Pemprov Dorong Peresmian Tol Pandaan-MalangIDN Times/Bela Ikhsan

Apabila usulan peresmian tol Pandaan-Malang ini tetap tidak mendapat persetujuan, Pemprov Jatim sudah menyiapkan formulasi menghadapi musim mudik lebaran 2019. Pihaknya, akan melakukan fungsional jalur tol.

"Seandainya dioperasionalkan pun hanya seksi I, II, dan III. Seksi IV di fungsionalkan. Turunnya di (exit tol) Pakis, Malang," kata Gatot.

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Tol Fungsional Pandaan - Malang Dibuka

2. Hanya akan dibukan satu jalur untuk dua lajur terlebih dahulu

Jelang Lebaran, Pemprov Dorong Peresmian Tol Pandaan-MalangIDN Times/Bela Ikhsan

 

Secara teknis, lanjut Gatot, tol Pandaan-Malang nantinya bisa dioperasionalkan satu jalur dua lajur. Panelnya dipusatkan di jalur sisi timur secara bergantian. "Setelah itu selesai, pindah jalur dari jurusan Surabaya dari Malang seperti itu.

3. Ada SPBU di tiap rest area

Jelang Lebaran, Pemprov Dorong Peresmian Tol Pandaan-MalangANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Gatot menambahkan, pihaknya juga memastikan di setiap rest area akan ada pengisian BBM. Ia juga sudah koordinasi dengan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jatim kalau sudah siap menghadapi musim mudik lebaran.

"Kalau untuk BBM ditengah rest area sudah tercukupi. Pak Setiajit (Kadis ESDM Jatim) tadi juga untuk BBM dan listrik ternyata juga sudah oke. Di Malang pun sudah oke," kata Gatot.

4. Targetkan underpass persimpangan arah karanglo bisa selesai Mei ini

Jelang Lebaran, Pemprov Dorong Peresmian Tol Pandaan-MalangIDN Times/ Alfi Ramadana

 

Lebih lanjut, Gatot juga menargetkan sebelum Idul Fitri 2019, underpass di persimpangan arah Karanglo, Malang bisa selesai. "Jadi minggu ketiga Mei ini mungkin Karanglo bisa diselesaikan. Lainnya jalan provinsi saya jamin tidak berlubang," ucap Gatot.

Baca Juga: Underpass Karanglo Siap Diuji Coba, Jasa Marga Tunggu Instruksi Pusat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya