Comscore Tracker

Disebut Ada VOC Jilid 2, Timses Jokowi Beberkan Fakta Ini

"Pak Djoko itu tahu, hanya banyak ngarang saja"

Surabaya, IDN Times - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma'ruf, Machfud Arifin angkat bicara terkait pernyatataan Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN), Djoko Santoso. Pada acara, Generasi Milenial Indonesia (GMI) Surabaya di Bober Cafe, Minggu (13/1), Djoko mengatakan kalau saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami masa layaknya zaman Vereenigde Ostindische Compagnie(VOC) jilid 2.

 

1. Sajikan fakta ambil alih saham PT Freeport

Disebut Ada VOC Jilid 2, Timses Jokowi Beberkan Fakta IniFacebook/Sri Mulyani Indrawati

 

Machfud membantah jika era pemerintahan saat ini identik dengan zaman VOC. Menurut dia tidak benar kalau sumber daya di Indonesia sekarang dikuasai asing. "Lihat saja, Freeport yang tadinya hanya sekian persen, sekarang sudah diambil alih Indonesia. Saham kita sudah 51 persen," ujarnya saat ditemui di Kantor TKD Jatim, Senin (14/1).

2. Sisihkan Chevron untuk kuasai Blok Rokan

Disebut Ada VOC Jilid 2, Timses Jokowi Beberkan Fakta IniANTARA FOTO/Wahyu Putro A

 

Bukan hanya PT Freeport, lanjut Machfud, di era Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, Pertamina berhasil sisihkan Chevron terkait Blok Rokan. Padahal, sebelumnya 47 tahun ladang minyak Duri dan Minas ini dikuasai oleh perusahaan asing Chevron. "Sekarang diambil alih,"kata Mantan Kapolda Jatim ini.

3. Tegaskan tak ada buruh asing, adanya tenaga ahli dari luar negeri

Disebut Ada VOC Jilid 2, Timses Jokowi Beberkan Fakta IniANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

 

Machfud juga menyangkal adanya tudingan bahwa sektor sumber daya manusia telah dikuasai asing. Menurutnya, tenaga kerja lokal masih menjadi prioritas di Indonesia. Hal itu sekaligus menjadi bantahan bahwa banyak buruh yang disebut berasal dari Cina. "Kecuali ahli bidang butuh instalasi pasti bawa tim ahli dari sana. Selesai kerjaan di sini pulang," katanya.

4. Sebut kampanye Tim Prabowo-Sandi sudah didesain isu tersebut

Disebut Ada VOC Jilid 2, Timses Jokowi Beberkan Fakta IniANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

 

Melihat isu kampanye yang digulirkan oleh kubu Prabowo-Sandi, Machfud mengaku tidak khawatir. Dia menyebut strategi kampanye Djoko Santoso dan timnya sudah didesain sedemikian rupa.

"Menurut saya itu by design pola kampanyenya, di sana banyak orang pintar, Pak Djoko itu Jenderal. (Tim BPN Prabowo-Sandi) sebenarnya tahu kalau gak benar. Banyak ngarangnya," ungkapnya.

5. Ketua Timses Prabowo-Sandi sebut sekarang era VOC jilid 2

Disebut Ada VOC Jilid 2, Timses Jokowi Beberkan Fakta IniIDN Times/Irfan Fathurohman

 

Sebelumnya, Djoko mengatakan bangsa bahwa saat ini ada rezim VOC jilid 2 saat ini. "Semua sumber daya di republik ini sebagian besar bukan milik kita. Itu sama seperti VOC. Maka, lama-lama kita sudah gak punya apa-apa lagi. VOC pertama didukung kapitalisme kuno bangsa ini menghadapinya dan kalah. Akhirnya kita dijajah 3,5 abad," ujarnya kepada awak media.

Lebih lanjut, Djoko menyampaikan bahwa sekarang semua pihak harus waspada. Menurutnya, Indonesia tidak boleh menjadi bangsa yang kalah sehingga tidak lagi dijajah. "Maka, jangan sampai lengah. Karena kalau lengah, kita lemah. Kalau lemah, kita bisa kalah. Dan kalau sebagai bangsa kalah, maka kita akan menderita," pungkasnya.

Baca Juga: Djoko Santoso Bicara Soal VOC Jilid 2 di Depan Millennials Surabaya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya