BPBD Jatim Kirim 38 Truk Sembako ke Palu

Mereka juga kirim 20 personel

Surabaya, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur (BPBD) mengirimkan sejumlah bantuan untuk para korban gempa bumi Donggala dan Tsnuami Palu. Bantuan tersebut dikirim melalui jalur laut di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Bantuan itu diperkirakan akan sampai dua hari mendatang.

1. BPBD kirim bantuan dari masyarakat Jatim berupa kebutuhan pokok

BPBD Jatim Kirim 38 Truk Sembako ke PaluDok. IDN Times/ Istimewa

Kasi Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Satriyo Nurseno mengatakan bahwa jumlah bantuan yang dikirim sebanyak 38 truk. Sebanyak 21 truk, telah dikirimkan Selasa (2/10). Adapun 17 truk sisanya diberangkatkan hari ini. 

"Semua bantuan berasal masyarakat Jatim. Yang terdiri dari sembako. Beras, mi instan, air mineral, gula, biskuit, peralatan perempuan dan bayi," jelasnya kepada IDN Times, Rabu (3/10).

2. BPBD kirim 20 personel dan buka posko di Dinkes Sulteng

BPBD Jatim Kirim 38 Truk Sembako ke PaluDok. IDN Times/ Istimewa

Berdasarkan data yang diterima IDN Times, BPBD Jatim juga mengirim sebanyak 20 orang ke Palu . Peralatan yang dikirim antara lain 1 unit pick up, 1 unit ranger dan 1 unit truk. Posko terpadu juga sudah didirikan oleh Pemprov Jatim di Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah, Palu Selatan, dan Kota Palu.

Baca Juga: Warga Bali Berdatangkan Titipkan Bantuan ke KRI dr Soeharso Untuk Palu

3. Posko bantuan di BPBD Jatim terus dibuka

BPBD Jatim Kirim 38 Truk Sembako ke PaluDok. IDN Times/ Istimewa

Tak hanya itu, Pemprov Jatim juga masih terus membuka posko penampungan bantuan untuk korban gempa dan tsunami yang berlokasi di kantor BPBD Jatim di kawasan Waru, Sidoarjo. Posko ini juga membantu komunikasi pihak keluarga yang ingin mengetahui keluarganya di Sulawesi Tengah, termasuk melayani kelancaran informasi timbal balik. 

“Posko menerima bantuan yang ingin disalurkan oleh masyarakat atau pemerintah kabupaten/kota agar terkoordinir dengan baik serta tepat sasaran,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov, Aries Agung Paewai.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Berangkatkan Bantuan untuk Palu-Donggala

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya