Bikin Poster Peran Zakat saat COVID-19, Alvin Raih Juara 1 Nasional

Bangkitkan umat Islam berzakat

Surabaya, IDN Times - Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair), M. Rizki Alvian Amrulloh meraih Juara 1 Lomba Poster Infografik Nasional Gunadarma Sharia Economic National Event (GSENT) 2021. GSENT merupakan kompetisi yang digelar Kelompok Studi Ekonomi Islam Sharia Economic Forum (KSEI SEF) Gunadarma.

1. Bahas peranan zakat selama pandemik

Bikin Poster Peran Zakat saat COVID-19, Alvin Raih Juara 1 Nasional

Dalam karyanya, Alvin membahas tentang peranan zakat selama pandemik COVID-19. Ketika zakat dikelola maksimal, manfaatnya akan dirasakan banyak orang terutama penerima zakat. Potensi zakat penghasilan mencapai Rp139,07 triliun dan potensi zakat uang di Indonesia mencapai Rp58,78 triliun.

Potensi zakat tersebut dapat digunakan untuk beberapa hal. Zakat dapat menjadi media untuk penanggulangan dampak COVID-19 yang dalam Islam memiliki hukum mubah atau boleh. Zakat mal boleh ditunaikan lebih cepat tanpa harus mencapai haul apabila telah mencapai nishab.

"Kemudian, digitalisasi layanan pembayaran zakat dengan menggunakan layanan mobile payment merupakan salah satu cara untuk menarik minat masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Bernyali Tinggi! Cerita 4 Mahasiswa Unair Jadi Relawan Ruang Isolasi

2. Lakukan riset sebelum ikut kompetisi

Bikin Poster Peran Zakat saat COVID-19, Alvin Raih Juara 1 NasionalIlustrasi Riset (IDN Times/Arief Rahmat)

Berangkat dari situ, Alvin melakukan riset terlebih dahulu mengenai isu-isu terkini sebelum mengikuti kompetisi nasional. “Saya melakukan riset yang sesuai dengan tema GSENT 2021. Setelah itu, kemudian saya aplikasikan ke dalam desain infografik,” terang dia.

3. Berharap dapat gairahkan para muzakki

Bikin Poster Peran Zakat saat COVID-19, Alvin Raih Juara 1 NasionalSeorang warga muslim melakukan tarnsaksi pembayaran zakat fitrah dan zakat mal secara daring dengan menggunakan aplikasi digital banking. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Tak hanya puas meraih juara 1, Alvin berharap poster yang diciptakannya dapat berdampak ke masyarakat. Terutama untuk membangkitkan semangat dalam berzakat, khususnya umat Islam di Indonesia.

“Saya berharap poster ini dapat menjadi salah satu media untuk para muzakki (pembayar zakat)  untuk meningkatkan kesadaran bagi masyarakat, khususnya untuk dibagikan di masa pandemik," tutupnya.

Baca Juga: Sabun Antibakteri dari Limbah Minyak Kelapa Inovasi Mahasiswa UNY

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya