Aliansi Cinta NKRI Tolak Safari Rizieq Shihab ke Jatim

Aliansi Cinta NKRI siap mengadang

Surabaya, IDN Times - Kelompok pemuda yang mengatasnamakan Aliansi Cinta NKRI menyatakan sikap penolakan terhadap pemimpin Front Pembela Islam (FPI) apabila berkunjung ke Jawa Timur (Jatim). Penolakan itu diungkapkan dari beberapa tulisan yang tercetak di spanduk. Antara lain 'Tolak Kedatangan Rizieq Habib Rizieq Shihab di Jatim', 'Tolak Pemecah Belah Umat', 'Tolak Front Perusak Islam'.

1. Siap menjadi benteng menolak Rizieq

Aliansi Cinta NKRI Tolak Safari Rizieq Shihab ke JatimAliansi Cinta NKRI tolak Rizieq Shihab ke Jatim. IDN Times/Dok. Istimewa

Ketua Aliansi Cinta NKRI, Ahmad Zazuli mengatakan, pernyataan sikap yang dilakukannya sebagai respons atas kegaduhan sosial politik yang mereka nilai karena kegaduhan yang disulut Rizieq dan FPI. Ada tujuh poin yang disampaikan, di antaranya: Siap menjadi benteng tegaknya NKRI dan siap mengadang kelompok garis keras dan intoleran.

"Kami merasa malu dengan sikap habib, ustaz, dan ulama yang cara dakwahnya tidak menyejukkan umat namun justru memprovokasi umat, menghujat pemerintah, dan memanas-manasi umat dengan ucapan kotor yang tidak terpuji. Kelima, mengajak umat Islam dan bangsa Indonesia untuk tidak mudah terprovokasi oleh ajakan siapa pun," ujarnya saat di Graha SA, Surabaya, Minggu (22/11/2020).

2. Ingin Polda Jatim juga tegas seperti Polda Metro Jaya dan Pangdam Jaya

Aliansi Cinta NKRI Tolak Safari Rizieq Shihab ke JatimAliansi Cinta NKRI tolak Rizieq Shihab ke Jatim. IDN Times/Dok. Istimewa

Aliansi Cinta NKRI, lanjut Zazuli, mendukung sikap Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Dudung Abdurrachman dan Polda Metro Jaya yang secara tegas tidak berkompromi terhadap sikap intoleran yang ditunjukkan oleh organisasi masyarakat (ormas). Dia berharap sikap yang sama bisa ditunjukkan Kapolda Jatim yang baru, Irjen Pol Nico Afinta.

"(Deklarasi damai) Ini PR pertama (bagi Kapolda yang baru) supaya bisa menjaga Jatim kondusif," tegas dia.

Baca Juga: Cerita Dewan Syura FPI Jatim Ikut Sambut Rizieq ke Jakarta

3. Minta kunjungan safari Rizieq ditunda

Aliansi Cinta NKRI Tolak Safari Rizieq Shihab ke JatimPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Perihal, rencana Rizieq yang berencana melakukan safari ke daerah-daerah di Indonesia, termasuk Jawa Timur, Zazuli berharap agar ditunda dulu. Menurutnya kegiatan itu akan memantik kerumunan. Mengingat saat ini masih dalam masa pandemik COVID-19.

"Kekhawatiran kami malah menjadi klaster baru. Sehingga, menurut saya jangan dulu. Kalau beliau tetap memaksa, ya, kami akan melakukan pengadangan," pungkas dia.

Baca Juga: Gak Cuma Soal Rizieq, Nikita Juga Dilaporkan karena Unggahan Medsosnya

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya