Comscore Tracker

Warga Kota Malang yang Terpapar Omicron Telah Sembuh  

Kontak keluarga terdekat juga negatif COVID-19

Malang, IDN Times -  Wali Kota Malang, Sutiaji memastikan satu warganya yang terpapar varian Omicron telah sembuh dan dinyatakan negatif COVID-19 melalui dua kali tes PCR. Pemkot Malang belum berencana melakukan pengetatan mobilitas di wilayahnya. 

1. Hasil diketahui sesudah tes WGS

Warga Kota Malang yang Terpapar Omicron Telah Sembuh  Sutiaji menilai, peningkatan integritas dan jiwa kebangsaan untuk para pemuda sangat penting. Dok.Humas Pemkot Malang

Sutiaji menyebut bahwa informasi tersebut awalnya dirilis oleh Pemprov Jatim. Berdasar hasil tes Whole Genome Sequencing (WGS) memang pasien berdangkutan terpapar Omicron. Selama proses perawatan yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri tidak kemana-mana. 

"Kalau berdasar riwayat perjalanannya memang perjalanannya terakhir dari Bali dia," urainya Senin (17/1/2022). 

Baca Juga: Ada Omicron Malang Lockdown? Khofifah: PPKM Skala RT!

2. Sang istri tidak terpapar

Warga Kota Malang yang Terpapar Omicron Telah Sembuh  ilustrasi virus corona varian Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih jauh, Sutiaji memastikan bahwa hasil tracing menunjukkan hanya pasien bersangkutan saja yang terpapar Omicron. Sementara keluarga lainnya termasuk sang istri dipastikan tidak terpapar. Pasien bersangkutan sebenarnya merupakan warga luar Kota Malang yang menempati rumah orang tuanya di Kota Malang. "Tracing sudah dilakukan oleh puskesmas Mojolangu. Dari hasil tracing belum ada indikasi pasien lain yang terpapar Omicron," imbuhnya. 

3. Belum akan lakukan pengetatan

Warga Kota Malang yang Terpapar Omicron Telah Sembuh  ilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, untuk saat ini Pemkot Malang masih belum melakukan pengetatan wilayah. Semua masih sama sesuai dengan aturan Inmendagri terbaru. Sutiaji justru memfokuskan ada PPKM mikro pada setiap wilayah seperti yang sebelumnya dilakukan saat varian Delta merebak. Nantinya Dinkes bakal membuat SOP apa saja yang akan dilakukan untuk pencegahan. "Jadi belajar dari kasus di Mojolangu itu yang tidak terpantau, maka kami minta untuk laporan perpindahan warga nanti lebih lengkap agar lebih mudah terpantau," jelasnya. 

Baca Juga: Muncul Kabar Warga Malang Terpapar Omicron, Ini Kata Dinkes

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya