Pria Pamer Pistol di Kota Batu Merupakan Residivis

Sempat dipenjara selama 7 tahun karena kasus penganiayaan

Batu, IDN Times - Warga Kota Batu sempat dihebohkan dengan munculnya video seorang pria yang mengeluarkan senjata api pada Kamis (13/1/2022). Video berdurasi 9 detik terekam oleh kamera CCTV kantor Desa Pandanrejo, Kota Batu. Tak perlu waktu lama, di hari yang sama tepatnya pukul 23.00 WIB, Polres Batu berhasil mengamankan pria berinisial MS (49) tersebut. Setelah ditelusuri, MS ternyata merupakan seorang residivis yang pernah terlibat kasus penganiayan anggota kepolisian ada tahun 1998. 

1. Sempat 7 tahun mendekam di penjara

Pria Pamer Pistol di Kota Batu Merupakan ResidivisPolisi menunjukkan senjata api milik tersangka MS yang sempat diacungkan di pinggir jalan Desa Pandanrejo, Kota Batu. IDN Times/Alfi Ramadana

Kapolres Batu, AKBP I Nyoman Yogi Hermawan menyebut bahwa saat itu yang bersangkutan terlibat perselisihan dengan seorang anggota kepolisian. Dalam perselisihan tersebut, pelaku kemudian melakukan penembakan kepada anggota polisi tersebut. Beruntung anggota polisi tersebut berhasil diselamatkan dan sampai saat ini masih bisa kembali bertugas.

"Karena peristiwa itu, tersangka dihukum selama 7 tahun dan keluar pada tahun 2005," paparnya Jumat (14/1/2022). 

Baca Juga: Polisi Tangkap Pria Keluarkan Pistol di Kota Batu 

2. Belum bisa pastikan apakah pelaku terikat jaringan teroris

Pria Pamer Pistol di Kota Batu Merupakan ResidivisIlustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Sejauh ini, Yogi menyebut bahwa pihaknya belum bisa memastikan apakah yang bersangkutan terlibat dengan jaringan yang berafiliasi pada terorisme. Pasalnya tersangka mengaku tak tergabung dalam organisasi apapun. Namun demikian, kepolisian masih akan terus mendalami kemungkinan-kemungkinan pelaku terlibat dengan jaringan terorisme ataupun penjualan senjata api ilegal.

"Kami baru mengamankan yang bersangkutan ini tadi malam. Jadi segala informasi masih belum sepenuhnya kami gali. Pastinya nanti segala kemungkinan akan coba kami gali," tambahnya. 

3. Akan uji lab senjata milik tersangka

Pria Pamer Pistol di Kota Batu Merupakan ResidivisIlustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, terkait pemeriksaan lanjutan, Yogi menyebut bahwa akan melakukan pengujian di laboratorium untuk senjata yang dimiliki tersangka. Hal itu untuk mengetahui apakah senjata tersebut pernah digunakan oleh tersangka sebelumnya atau tidak.

"Tetapu berdasarkan sekilas informasi dari ahli Brimob, senjata tersebut masih bisa meletus dan berbahaya bagi orang lain," pungkasnya. 

Baca Juga: Viral Aksi Pemotor Keluarkan Benda Diduga Pistol di Kota Batu

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya