Comscore Tracker

Kunjungi Gereja Katedral Ijen, Khofifah Sampaikan Pesan Damai Paskah

Pastikan pelaksanaan Paskah berjalan lancar

Malang, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan ke Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel, Kota Malang jelang pelaksanaan misa Jumat Agung, (2/4/2021). Kunjungan tersebut untuk memastikan bahwa pelaksanaan perayaan Paskah tahun 2021 bagi umat kristiani di Kota Malang berjalan aman dan lancar usai teror bom gereja di Makassar.

1. Sampaikan pesan damai kepada jemaat paskah

Kunjungi Gereja Katedral Ijen, Khofifah Sampaikan Pesan Damai PaskahKhofifah beserta rombongan saat berkunjung ke Gereja Katedral Ijen, Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Khofifah menjelaskan bahwa perayaan paskah kali ini memang masih dalam masa pandemik COVID-19. Untuk itu, para jemaat harus bisa saling menjaga dan mengingatkan agar rangkaian perayaan paskah bisa berjalan dengan baik dan aman. 

"Mudah-mudahan semua berjalan aman, penuh kebersahajaan, kedamaian, dan penuh penghormatan," urainya Jumat (2/4/2021). 

2. Ikut berikan penguatan pada jemaat

Kunjungi Gereja Katedral Ijen, Khofifah Sampaikan Pesan Damai PaskahKhofifah Indar Parawansa saat berada di Gereja Katedral Ijen, Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Lebih jauh, Khofifah menjelaskan bahwa kedatangannya tersebut selain ingin melihat persiapan perayaan paskah, juga sekaligus memberikan penguatan pada para jemaat. Pasalnya pasca kejadian teror di Makassar, muncul kekhawatiran dan ketakutan bahwa akan ada teror serupa. Untuk itu, Khofifah ingin memastikan sendiri bahwa perayaan rangkaian Paskah bisa berjalan sesuai rencana dan aman. 

"Kami ingin menjadi bagian yang ikut memberikan penguatan bagi mereka yang sedang melaksanakan ibadah hari ini," tambahnya. 

3. Sampaikan pesan damai pada masyarakat Jawa Timur

Kunjungi Gereja Katedral Ijen, Khofifah Sampaikan Pesan Damai PaskahDua kendaraan taktis disiagakan di area Gereja Katedral Ijen, Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga menyampaikan pesan damai kepada seluruh masyarakat Jatim agar tetap saling menghormati. Tujuannya agar ketakutan-ketakutan yang sempat muncul karena teror dari orang-orang tak bertanggung jawab bisa hilang. 

"Kami meyakini bahwa masyarakat Jawa Timur adalah masyarakat yang cinta damai. Oleh karena itu, semua harus saling menjaga," sambungnya. 

Baca Juga: Hari Raya Paskah, Forkopimda Pastikan Keamanan Gereja di Surabaya

4. Jemaat merasa terlindungi dan aman

Kunjungi Gereja Katedral Ijen, Khofifah Sampaikan Pesan Damai PaskahForkopimda Kota Malang berfoto bersama Uskup Malang di Gereja Ijen. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, Uskup Malang, Romo Pidyarto Gunawan mengakui sangat berterimakasih. Terlebih, pihak keamanan, bahkan dari Forkopimda Jatim langsung turun sendiri memastikan bahwa perayaan rangkaian Paskah tahun ini berjalan lancar dan aman. Pihaknya juga merasa terhormat lantaran langsung dikunjungi Gubernur Jatim. 

"Kunjungan ini sangat membesarkan hati kami. Tentunya setelah ini kami bisa melanjutkan ibadah dengan tenang," tandasnya. 

Baca Juga: Hari Raya Paskah, Forkopimda Pastikan Keamanan Gereja di Surabaya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya