Abdullah Hidayat, Kepala Desa yang Jadi Wakil Bupati Sampang 

Pernah menjabat sebagai ketua asosiasi kepala desa

Sampang, IDN Times - Usia bukan lagi masalah untuk menjadi kepala daerah saat ini. Di Jawa Timur, jumlah kepala daerah yang berusia kurang dari 40 tahun kini semakin banyak. Salah satunya adalah Wakil Bupati Sampang, Abdullah Hidayat. Baru berusia 37 tahun, ia mencoba peruntungannya sebagai pemangku kebijakan utama di Kabupaten Sampang. 

Lantas siapakan sosok Abdullah Hidayat? Berikut adalah profil singkatnya. 

1. Ia sebelumnya menjabat sebagai Kepala Desa Bringin Nunggal

Abdullah Hidayat, Kepala Desa yang Jadi Wakil Bupati Sampang Wakil Bupati Sampang Abdullah Hidayat. Sampangkab.go.id

Meski baru berusia 37 tahun, namun pengalamannya dalam birokrasi tak singkat. Ia pernah menjadi Kepala Desa Bringin Nunggal, Kecamatan Torjun. Sosoknya sempat viral saat terlibat keributan dengan seorang dokter di salah satu rumah sakit di Sampang. Meski begitu, kasus tersebut berakhir damai.

Saat menjadi Kepala Desa, ia juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Kepala Desa di Kabupaten Sampang. Organisasi itulah yang mengantarkannya ke dunia politik dengan maju di Pilkada Sampang 2018. 

2. Sempat lalui pencoblosan ulang, Abdullah Hidayat akhirnya jadi orang nomor dua di Sampang

Abdullah Hidayat, Kepala Desa yang Jadi Wakil Bupati Sampang Wakil Bupati Sampang Abdullah Hidayat. Sampangkab.go.id

Di Pilkada Sampang, Abdullah Hidayat berpasangan dengan anggota DPR RI, Slamet Junaidi. Pasangan yang didukung oleh NasDem, Golkar, PPP, PDI-P, dan PKS ini mampu mengumpulkan 307.125 suara.

Meski begitu, langkah Hidayat menjadi orang nomor dua di Sampang tak mudah. Sebab, pemungutan suara Pilkada Sampang sempat diulang di beberapa wilayah. Pemungutan ulang dilakukan karena Mahkamah Konstitusi menilai Daftar Pemilih Tetap (DPT) di sana dinilai tak logis. 

Baca Juga: Laili, Perempuan yang Berjuang Agar Remaja Sampang Melek Pendidikan

3. Lulus S2 bareng sang istri

Abdullah Hidayat, Kepala Desa yang Jadi Wakil Bupati Sampang Wakil Bupati Sampang Abdullah Hidayat. Sampangkab.go.id

Di luar kegiatan politik, Abdullah Hidayat baru-baru ini juga telah berhasil menyelesaikan pendidikan untuk jenjang magister di STIE Mahardhika Surabaya. Uniknya, ia menyelesaikan program pendidikan magister tersebut bersama dengan sang istri, yakni Vanny Dariyani dan bahkan menjalani wisuda bersama.

Baca Juga: Rawan Banjir, Khofifah Tinjau 3 Rumah Pompa di Sampang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya