Pria di Jember Curi Kotak Amal Berdalih Mumet Mikir Cicilan 

Pelaku Bonyok dihajar warga

Jember, IDN Times – Apes betul nasib pria berinisial MR (27) ini. Ia menjadi sasaran amukan warga setelah kedapatan mencuri uang kotak amal di Masjid Al-Hidayah di Dusun Barat, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pria yang kesehariannya bekerja sebagai sales rokok ini melakukan aksinya pada Rabu, (14/9/2023) pada siang bolong.

1. Tunggu masjid sepi, langsung beraksi

Pria di Jember Curi Kotak Amal Berdalih Mumet Mikir Cicilan Ilustrasi pencurian. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Kapolsek Kalisat, AKP Istono membenarkan aksi pencurian yang dilakukan oleh MR. Menurutnya, ide untuk melakukan pencurian uang kotak amal tersebut tiba-tiba muncul saat ia sedang beristirahat di teras masjid. Pikiran sehat MR dibutakan setelah melihat kotak amal. Saat kondisi sepi, MR langsung membuka gembok kotak amal masjid dengan keahlian yang dimilikinya.

"Lalu pelaku mengambil uang tunai sebanyak Rp835.800 yang ada di dalam kotak amal tersebut, lalu memasukkannya ke dalam jaketnya," kata Istono saat dikonfirmasi, Jumat (15/9/2023).

Baca Juga: Sopir Truk Jember Ngaku Dirampok Rp40 Juta

2. Pelaku dihujani bogem

Pria di Jember Curi Kotak Amal Berdalih Mumet Mikir Cicilan Ilustrasi kekerasan fisik/penganiayaan. (IDN Times/ Agung Sedana)

Apesnya, aksi pencurian kotak amal oleh MR ini ternyata diketahui oleh salah satu warga yang hendak melakukan ibadah. MR pun langsung diteriaki maling oleh warga tersebut. Tak butuh waktu lama, teriakan itu langsung memicu warga sekitar berdatangan. Saat itu juga, warga lain yang geram langsung menggelar meja hijau di lapangan. Hujan bogem mendarat langsung di wajah MR saat itu juga.

"Setelah ada laporan, petugas segera mendatangi TKP dan mengamankan pelaku yang sudah dipukuli warga beserta barang buktinya lalu membawa ke Polsek Kalisat untuk proses sidik," tutur Istono.

3. Uang digunakan tutup setoran

Pria di Jember Curi Kotak Amal Berdalih Mumet Mikir Cicilan ilustrasi uang (freepik)

Hasil penyelidikan, kepada polisi MR mengaku nekat melakukan pencurian kotak amal tersebut. MR mengaku sedang dirundung persoalan utang. Usut punya usut, uang hasil penjualan produk rokok sudah dipakainya untuk keperluan sebelumnya. Karena dikejar-kejar oleh perusahaan, ia mengaku gelap mata saat melihat kotak amal.

"Dia sebagai sales rokok mengunakan uang hasil salesannya. Sehingga uang curian itu rencananya untuk menganti uang salesan yang telah dipakai itu," imbuhnya.

Baca Juga: Duit Kurang Malah Ngamuk, Pembeli di Jember Bonyok Diamuk Massa

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya